11. Sosialisasi Seminar Pentingnya Digital Marketing Dan Tips Branding Diera-Digital

Penulis

  • Juniffia Puji Rohyatin Mahasiswa
  • Mutiara Devia UIN Sunan Gunung Djati
  • Saiful Alfadz UIN Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

branding, digital, marketing

Abstrak

Berdasarkan observasi yang dilakukan di dusun 3 Batulayang kondisi UMKM yang ada di dusun tersebutmasih menggunakan cara pemasaran yang tradisionalbelum menggunakan pemasaran berbasis digital. Oleh karena itu, penulis mengambil program kerja ini dengantujuan untuk membantu meningkatkan kinerja pelakuUMKM dan masyarakat yang berminat terjun ke ranahkewirausahaan dari segi Digital Marketing. Dimana untukpelaksanaan program kerja pada tanggal 1 Agustus sampaidengan 12 Agustus 2023 di Dusun 3 Batulayang di RW 12 dan RW 10. Metode dasar yang digunakan dalam program kerja ini adalah Observasi, Praktek Lapangan, Wawancara, dan Seminar. Sedangkan pengambilan lokasiproram kerja  adalah secara sengaja di Dusun 3 Batulayang dipilih karena banyaknya pelaku UMKM tersebut. Didusun 3 Batulayang juga peminat yang terjunke ranah wirausahapun sangat banyak, selain itu di Dusun 3 Batulayang merupakan mata pencaharianya denganberwirausaha. Permasalahan umkm di Dusun 3 Batulayang ini kurangnya literasi digital sehingga omsetyang dihasilkannyapun sedikit.Sasaran pemasaranUMKM di Dusun 3 Batulayang ini kebanyakanmenawarkan secara langsung kepasar pasar terdekat.Olehkarena itu program kerja yang kami ajukan untukmembantu meningkatkan kenerja pelaku UMKM dan masyarakat yang ingin terjun ke ranah wirausaha denganmelakukan Observasi dan Wawancara ketiap tiap pelakuUMKM dan diakhiri dengan diadakannya Seminar Digital Marketing.

Referensi

Ascharisa Mettasatya Afrilia. 2018. Digital Marketing Sebagai Strategi Komunikasi.

Jurkom, Riset Komunikasi 1 (1). Hal 147–157

Purwana ES, Dedi, Rahmi, Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital marketing Bagi

Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah (UMKM). Jurnal Pemberdayaan

Masyarakat Madani (JPMM) 1(1). 1–17.

Ridwan, Iwan Muhammad. Dkk. 2019. Penerapan Digital marketing Sebagai

Peningkatan Pemasaran Pada UKM Warung Angkringan “WAGE” Bandung.

JURNAL ABDIMAS BSI (Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat) Vol. 2 No. 1

Februari 2019, Hal. 137-142. E-ISSN : 2614- 6711. ABDIPRAJA (Jurnal

Pengabdian kepada Masyarakat) e-ISSN: 2746-1823, p-ISSN: 2745-8415

Volume 1, No. 1, September 2020

Jurnal Pengabdian Masyarakat Darma Bakti Teuku Umar · July 2020 Vol 2, No 1 (2020)

Januari – Juni

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Puji Rohyatin, J., Mutiara Devia, & Saiful Alfadz. (2024). 11. Sosialisasi Seminar Pentingnya Digital Marketing Dan Tips Branding Diera-Digital. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(2), 93–108. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2686