Upaya Optimalisasi Digital Marketing Untuk Pengembangan Umkm Masyarakat Desa Tanjung Anom Kabupaten Tangerang

Penulis

  • A. Fikri Arrohimi UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Inarah Syarafina UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Indrawan Adiatno UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Tissie Aqmarina UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bahrudin Bahrudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Teknologi, UMKM, Pemasaran Digital, WhatsApp Bisnis

Abstrak

Di zaman milenial ini, perkembangan teknologi sudah sangat modern atau
sudah mutakhir dan hampir semua orang sudah memanfaatkan teknologi
modern ini, salah satu nya berupa handphone. Dampak dari pandemi yang
kita rasakan sekarang ini, membuat mobilitas masyarakat diluar rumah
menjadi sangat berkurang. Hal itu membuat pemasukan masyarakat pelaku
UMKM berkurang juga. Dalam beberapa tahun terakhir, teknologi sangat
berperan penting sebagai alat untuk menunjang aktifitas utama dan saat
pandemi ini para pelaku UMKM sangatlah membutuhkan teknologi untuk
menunjang usahanya supaya tetap stabil dalam melakukan aktifitasnya.
Sayangnya mayoritas pelaku UMKM di Desa Tanjung Anom masih sangat
minim dalam memanfaatkan teknologi pada saat ini. Oleh karena itu kami
Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol: I No: V (November 2021) 168 dari 179
https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings
sebagai mahasiswa yang diwakilkan dari Universitaas Islam Negri Bandung
akan melakukan terobosan kepada masyarakat mengenai pemasaran digital
tentang memanfaatkan teknologi berupa handphone dengan media sarana
Aplikasi WhatsApp Bisnis dalam menunjang UMKM yang lebih maju.

Referensi

Apriyanti, M. E. (2018). Pentingnya Kemasan terhadap Penjualan Produk

Perusahaan. Sosio EKons, 10(1), 20. https://doi.org/10.30998 /sosioekons.v10i1.2223

Helmalia, & Afrinawati. (2018). Pengaruh ECommerce Terhadap Peningkatan

Pendapatan Usaha Mikro Kecil Dan Menengah Di Kota Padang. JEBI (Jurnal Ekonomi

Dan Bisnis Islam), 3(2), 237. https://doi.org/10.15548 /jebi.v3i2.18

Purwidiantoro, M. H., Kristanto, D. F., & Hadi, W. (2016). Pengaruh Penggunaan

Media Sosial Terhadap Usaha Kecil Menengah (UKM). AMIK Cipta Darma Surakarta, 1(1),

–39. http://journal.amikomsolo.ac.id/index.php/ekac ida/article/view/19/11

Puspitasari, N. P. D., Ainun, D.N., Reffan B., Nandar D. C., Mustika. (2019).

Penerapan Teknologi Digital Marketing Untuk Meningkatkan Strategi Pemasaran Snack

Tiwul. JSAI, Volume 2 Nomor 2

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-03

Cara Mengutip

Arrohimi, A. F. ., Syarafina, I. ., Adiatno, I. ., Aqmarina, . T. ., & Bahrudin, B. (2021). Upaya Optimalisasi Digital Marketing Untuk Pengembangan Umkm Masyarakat Desa Tanjung Anom Kabupaten Tangerang . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(5), 167–179. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/259

Terbitan

Bagian

Articles