Upaya Peningkatan Program Belajar Pada Saat Pandemi Covid-19 Melalui Pendidikan Non-Formal di Rt 002/008 Cipadung

Penulis

  • Andi Dalilah Amimah Bazliah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • , Riecha Ilya Hisna UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Safira Adlina UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pendidikan No-Formal, Bimbingan Belajar, Pengabdian

Abstrak

Abstrak
Pada tahun 2021 ini pandemi Covid-19 masih menjadi salah satu pembatas orang
orang untuk melaksanakan kegiatan di lapangan secara berkala. Maka dari itu UIN
Sunan Gunung Djati mengadakan KKN berbasis KKN-DR (Dari Rumah). Tujuan dari
KKN-DR ini adalah membantu para orangtua untuk mengajarkan dan membantu
adik adik RT 002/008 dalam mengerjakan tugas sekolah serta mendapatkan
pelajaran non formal pada bimbingan belajar yang diadakan. Program yang kami
lakukan yaitu melaksanakan bermacam macam kegiatan untuk meningkatkan
program pendidikan dan pemberdayaan masyarakat, diantaranya melaksanakan
bimbingan belajar . Selain kegiatan tersebut, ketika kegiatan KKN ini berlangsung
kami juga ikut membantu perangkat desa dalam melaksanakan berbagai kegiatan.
Adapun metode yang digunakan dalam pendekatan ini yaitu dengan observasi
langsung kondisi desa dan kegiatan masyarakat di Jl. Desa Cipadung RT 002/008.
Hasil pengabdian yang kami lakukan yaitu terjadinya pemahaman serta perubahan
pada adik adik RT 002/008 pada pelajaran yang tadinya tidak mereka pahami saat
sekolah daring. Terlihat dari evaluasi pembelajaran di akhir pertemuan yang
membuktikan bahwa mereka mampu menjawab soal soal yang diberikan oleh kami.
Lalu melalui metode obervasi langsung, kami menyimpulkan bahwa mereka sudah
cukup paham akan materi yang kami ajarkan dan tanamkan.

Referensi

Ahmadi, A. (1991). Psikologi Belajar. Jakarta.

Rineka Cipta.

Amsari, D. (2018). Implikasi Teori Belajar E.

Thorndike (Behavioristik) dalam pembelajaran matematika. Jurnal Basicedu,

(2), 52-60.

Lewar, M. D. (2021). Pengaruh bimbingan

belajar terhadap peningkatan prestasi belajar siswa kelas V sd inpres antang II.

Rusli, R. K., & Kholik, M. A. (2013). Teori

Belajar dalam Psikologi Pendidikan. Jurnal Sosial Humaniora, 4(2), 62-67.

Umam, A., Syari, W., Nurdiansyah, A., &

Sholeha, A. (2020). Peningkatan dan Pemberdayaan Manusia Cekatan (Cerdas,

Kreatif, Akhlakul Karimah, Terampil, Sehat dan Mandiri) Melalui Pendidikan

Nonformal di Desa Sibanteng. Abdi Dosen: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat,

(2), 139-145

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-03

Cara Mengutip

Bazliah, A. D. A. ., Hisna, , R. I. ., & Adlina, S. . (2021). Upaya Peningkatan Program Belajar Pada Saat Pandemi Covid-19 Melalui Pendidikan Non-Formal di Rt 002/008 Cipadung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(5), 12–19. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/234

Terbitan

Bagian

Articles