Mengedukasi Santri Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Yayasan Tahfidz Alam Tunas Mulia

Penulis

  • Lina Apriyanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nandy Septiharyana UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Natasha Bella P UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Rizka Aulia P UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Viola Melania P UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pengabdian masyarakat, Pendidikan, Pondok Alam Tahfidz Tunas Mulia

Abstrak

Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Islam
Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, tahun ini berbeda dengan tahun
sebelumnya dimana biasanya hanya terdapat kegiatan KKN regular. Namun
karena terdapat pandemik COVID-19 di Indonesia maka kegiatan KKN
regular digantikan menjadi KKN-DR, dimana kegiatan ini dilaksanakan secara
fleksibel dapat dilakukan secara individu maupun kelompok yang sudah
ditetapkan oleh LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dengan tetap
mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di masa pandemik, maka Penulis
memilih lokasi kegiatan di lingkungan daerah tempat tinggal yaitu di Pondok
Alam Tahfidz Tunas Mulia, Adapun alasan penulis memilih lokasi tersebut
pertama karena lokasi berada dalam kawasan bebas Covid-19, kedua kurang
sumber daya manusia seperti tenaga pendidik yang bersedia mengajar di
tempat ini. Tujuan dari penulis dalam melaksanakan kegiatan ini adalah untuk
membantu meringgankan tugas tenaga pendidik serta memberikan wawasan
pengetahuan baru kepada santri. Metode pembelajaran yang dipakai yaitu
ceramah dan Focus Grup Discussion. Keberhasilan atas kegiatan ini dievaluasi
dengan membandingkan pre-test dan post-test. Hasil kegiatan menunjukkan
bahwa adanya kesadaran santri untuk belajar serta meningkatkan
pemahaman dan pengetahuan kepada santri.
Kata Kunci: Pengabdian masyarakat, Pendidikan, Pondok Alam Tahfidz
Tunas Mulia Pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Islam
Negeri Sunan Gunung Djati Bandung, tahun ini berbeda dengan tahun
sebelumnya dimana biasanya hanya terdapat kegiatan KKN regular. Namun
karena terdapat pandemik COVID-19 di Indonesia maka kegiatan KKN
regular digantikan menjadi KKN-DR, dimana kegiatan ini dilaksanakan secara
fleksibel dapat dilakukan secara individu maupun kelompok yang sudah
ditetapkan oleh LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Dengan tetap
mematuhi protokol kesehatan yang berlaku di masa pandemik, maka Penulis
memilih lokasi kegiatan di lingkungan daerah tempat tinggal yaitu di Pondok
Alam Tahfidz Tunas Mulia, Adapun alasan penulis memilih lokasi tersebut
pertama karena lokasi berada dalam kawasan bebas Covid-19, kedua kurang
sumber daya manusia seperti tenaga pendidik yang bersedia mengajar di
tempat ini. Tujuan dari penulis dalam melaksanakan kegiatan ini adalah untuk
membantu meringgankan tugas tenaga pendidik serta memberikan wawasan
pengetahuan baru kepada santri. Metode pembelajaran yang dipakai yaitu
ceramah dan Focus Grup Discussion. Keberhasilan atas kegiatan ini dievaluasi
dengan membandingkan pre-test dan post-test. Hasil kegiatan menunjukkan
bahwa adanya kesadaran santri untuk belajar serta meningkatkan
pemahaman dan pengetahuan kepada santri.

Referensi

Akhmad Busyaeri, dkk. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA Di Min Kroya Cirebon. Cirebon: Jurnal PGMI FITK IAIN Syekh Nurjati. Al Ibtida, Vol. 3, No. 1.

Amir Hamzah Suleiman. (1985). Media Audio-Visual Untuk Pengajaran, Penerangan dan Penyuluhan. Jakarta : PT Gramedia.

Arifin. (2003). Ilmu Pendidikan Islam Tinjauan Teoritis dan Praktis Berdasarkan Pendekatan Interdisipliner, Jakarta : Bumi Aksara.

A. Susanto. (2009). Pemikiran Pendidikan Islam. Jakarta: Amzah.

Cepi Riyana. (2012). Media Pembelajaran. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Islam.

Gunadha, R. (2020). Kuliah Online saat Corona Picu Ketimpangan Akses bagi Mahasiswa Miskin.

Herman Pelangi. (2018). Metode Mengajar Bervariasi Dan Upaya Pengem-bangannya Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pada Bidang Studi Pendidikan Agama Islam Di SMA Muhammadiyah 11 Padang sidimpuan. Universitas Muham-madiyah Tapanuli Selatan.

Imam Syafe’i. (2017). Pondok Pesantren : lembaga pendidikan pembentukan karakter. Lampung : Al- Tadzkiyyah. Jurnal Pendidikan Islam. Universitas Islam Negeri Raaden Intan. Vol. 8.

KH. Muhammad Sholikhin. (2012). Di Balik 7 Hari Besar Islam (Sejarah, Makna dan Amaliah. Yogyakarta: Garudhawacara

Minhajul Ngabidin. (2021). Pembelajaran Di Masa Pandemi, Inovasi Tiada Henti. Yogyakarta: CV Budi Utama.

Mustofa Abi Hamid, dkk. (2020). Media Pembelajaran. Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis.

Mustofa, Z. A. (2021). Implementasi Model dan Desain Pembelajaran Daring pada Anak TK Perwanida Sooko Ponorogo. Wisdom: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2 (1), 1-17.

Nata Abudddin, (2009), Prespektif Islam Tentang Strategi Pembelajaran, Jakarta: Kencana.

Syaiful Bahri Djamarah. (2000). Guru dan Anak didik dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Yusep Kurniawan. (2019). Inovasi pembelajaran Model dan Metode Pembelajaran bagi Guru. Surakarta: CV kekata Group.

https://ponpestahfidzalam.blogspot.com/

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-06

Cara Mengutip

Apriyanti, L. ., Septiharyana, N., P, N. B., P, R. A., & P, V. M. (2021). Mengedukasi Santri Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Yayasan Tahfidz Alam Tunas Mulia. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(9), 1–15. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/23

Terbitan

Bagian

Articles