37 PENGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MTSN 2 BANDUNG BARAT

Penulis

  • Shintya Nuraina Uin Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Pembelajaran Bahasa Arab

Abstrak

Berdasarkan hasil observasi di MTsN 2 Bandung Barat, permasalahan yang sering dihadapi    dalam pembelajaran bahasa Arab adalah rendahnya hasil belajar siswa, hal tersebut tentunya berkaitan dengan berbagai faktor yang melatar belakanginya diantaranya adalah sulitnya pengajar mencari model pembelajaran yang cocok. Tujuan dari pengunaan model pembelajaran diharapkan mampu mengatasi permasalahan hasil belajar tersebut. Model pengandian yang digunakan adalah pendekatan dengan melakukan wawancara kepada guru mata pelajaran bahasaArab dan melakukan observasi ke kelas. Setelah digunakan model pembelajaran cooperative learning hasil belajar siswa meningkat ketuntasannya dari 6,67% menjadi 86.67%, hal tersebut menyatakan bahwa penggunaan model pembelajaran cooperative learning dalam pembelajar bahasa arab di kelas VIII G Mtsn 02 Bandung Barat mampu meningkatkan hasil belajar siswa.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-23

Cara Mengutip

Nuraina, S. (2024). 37 PENGUNAAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA ARAB MTSN 2 BANDUNG BARAT. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(8), 346–358. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2066

Terbitan

Bagian

Articles