Pengembangan Inovasi Varian Rasa Keripik Pisang (Studi kasus UMKM keripik pisang Desa Bojongtengah, Kecamatan Pusaka Jaya, Kabupaten Subang)
Kata Kunci:
Pengembangan, Inovasi, KKN Reguler SISDAMAS, UMKMAbstrak
Penelitian ini fokus pada pengembangan inovasi varian rasa keripik pisang sebagai studi kasus pada UMKM (Usaha mikro, kecil dan menengah) keripik pisang yang berlokasi di Desa Bojongtengah, Kecamatan Pusaka Jaya, Kabupaten Subang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan nilai tambah produk keripik pisang melalui variasi rasa yang inovatif, sehingga dapat memperluas pasar dan meningkatkan daya saing UMKM tersebut. Metode yang digunakan adalah mengadopsi dari siklus-siklus KKN Reguler SISDAMAS yang tercantum dalam petunjuk teknis pelaksanaannya. Hasil dari penelitian ini diharapkan dapat memberikan panduan kepada UMKM keripik pisang dalam mengembangkan produk mereka, menciptakan variasi rasa yang menarik bagi konsumen, dan pada akhirnya meningkatkan potensi penjualan serta kontribusi ekonomi UMKM.
Referensi
Andi Triyawan, A dan Fitria A. "Analisis Strategi Pengembangan Bisnis UMKM Moeslem Squer Ngawi." Al-Intaj: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, vol. 5(1) (2019): 44.
Budi, B.L dan Rediyanto, P. "Strategi Pengembangan Usaha Produk Dangkrik di Dusun Kulubanyu, Kabupaten Mojokerto." Jurnal Abdi Masyarakat Indonesia (JAMSI), no. 2(1) (Januari 2022): 235-242.
Dewi, S. T. "Analisis Pengaruh Orientasi Pasar dan Inovasi Produk Terhadap Keunggulan Bersaing Untuk Meningkatkan Kinerja Pemasaran (Studi pada industri batik di Kota dan Kabupaten Pekalongan)." Ekonomi dan Bisnis, 2016: 80.
Handini, V.A dan Choiriyati, W. "Digitalisasi UMKM Sebagai Hasil Inovasi Dalam Komunikasi Pemasaran Sahabat UMKM Selama Pandemi Covid-19." JRK: Jurnal Riset Komunikasi, vol. 11(2) (2021).
Haryoto, Sutrisno. K, Susassih, dan Lokita, R,M. "Peningkatan Nilai Tambah Usaha Olahan Keripik Pisang di Desa Tenajar, Kabupaten Indramayu, Jawa Barat." Agrokreatif: Jurnal Ilmiah Pengabdian kepada Masyarakat, vol. 5(3) (November 2019): 251-257.
Lubis, I. M. Strategi Pengembangan Usaha Penangkapan Ikan Baung (Mystus Nemurus) Di Kabupaten Labuhanbatu Selatan. Tesis, Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian, Medan: Universitas Sumatera Utara, 2016.
Muhammad A. W, Ahmad. F, Machrus. A, dan Miftahul. Dj. "Strategi Pengembangan Usaha Kripik Pisang Coklat UMKM Di Desa Sambirejo Kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang." Indonesian Collaboration Journal of Community Services, vol. 3(3) (Agustus 2023): 272-283.
Suryanto, D. "Digital Marketing, MSME Product Marketing Innovation." International Journal of Educational Research & Social Sciences, vol. 2(6) (2021): 1308-1315.
Tiara, A. "Membuat Inovasi Dengan Meningkatkan Kualitas Packaging dan Varian Rasa Pada UMKM Keripik Pisang dan Peyek." Abdima: Jurnal Pengabdian Mahasiswa, vol. 2(1) (2022): 2922-2928.
Tyas. S, Fifi. S, Sri Lutfi. S, Tantri. M, dan Aprilia. S. "Inovasi Varian Rasa Pada Usaha Keripik Pisang Desa Pallimae Kecamatan Poleang Kebupaten Bombana." PABITARA: Jurnal Pengabdian Masyarakat, vol. 1(1) (2022): 10-18.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Rifaldi Andzani, Gilang Novita Aprila, Hery Alfindri, Indriani Nurfadilah, Syahma Zagina Putri, Alvin Yanuar Rahman
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.