Mengkaji Potensi UMKM Melalui Transformasi Digital Sebagai Sarana Pemberdayaan Masyarakat Berkelanjutan Di Kampung Pasir Takokak
Kata Kunci:
UMKM, Strategi, Digitalisasi, PemberdayaanAbstrak
Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) adalah salah satu bentuk usaha mata pencaharian yang menopang aktivitas ekonomi masyarakat setempat di Kampung Pasir Takokak setelah pertanian. Sesuai dengan UUD 1945 pasal 33 ayat 4, UMKM merupakan bagian dari perekonomian nasional yang berwawasan kemandirian dan memiliki potensi besar untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. UMKM menunjukkan bagaimana sektor ini masih menjadi andalan bagi perekonomian masyarakat ciwidey khususnya di daerah Pasir Takokak. Seiring dengan kemajuan teknologi yang mana turut berdampak pula pada sektor ekonomi, UMKM juga mengalami tantangan dalam menghadapi persaingan yaitu digitalisasi di bidang bisnis agar mampu bertahan di tengah persaingan yang ada. Pentingnya pemahaman mengenai bagaimana suatu produk dapat terus berkembang, masyarakat perlu memahami pentingnya untuk selalu mengikuti tren pasar yang ada. Peran pemerintah dan para pendidik sangat dibutuhkan untuk meliterasi masyarakat mengenai digitalisasi dan modernisasi UMKM. Maka dari itu, tujuan penelitian ini adalah kami akan mengindentifikasi strategi pengembangan digitalisasi UMKM di Desa Ciwidey khusunya kampung Pasir Takokak dan tingkat pemahamannya terkait digitalisasi UMKM. Metode yang digunakan adalah pemberdayaan masyarakat, memadukan penelitian dan pengabdian, menggunakan tahapan: (1) Obersvasi; (2) Penyuluhan/Sosialisasi; (3) Evaluasi.
Referensi
Abdi, Yudistira dan Bunga Anggita Batubara. 2022. Sosialisasi Digitalisasi dan Modernisasi UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah) kepada Masyarakat Desa Mancang Kecamatan Selesai Kabupaten Langkat. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Volume 2, Nomor 1, Oktober 2022, 12-16.
Amaliyanah. 2017. Pengaruh Penerapan Teknologi Informasi pada Kampung UKM Digital Pasar Batik Trusmi dalam Meningkatkan Daya Saing. Skripsi diajukan sebagai salah cara untuk memperoleh gelar sarjana hukum pada jurusan Muamalah Hukum Ekonomi Syariah, Fakultas Syariah dan Ekonomi Islam, Institut Agama Islam Negeri (IAIN)
Delloitte Access Economics. 2015. UKM Pemicu Kemajuan Indonesia Instrumen Pertumbuhan Nusantara.
Idah, Yusyida Munsa dan Muliasari Pinilih. 2019. STRATEGI PENGEMBANGAN DIGITALISASI UMKM. Prosiding Seminar Nasional dan Call for Papers
Mawarsari, Margareth Anjani. 2023. Tren Digitalisasi UMKM di Indonesia 2023: Tantangan dan Peluang. https://dailysocial.id/post/tren-digitalisasi-umkm-di-indonesia-2023-tantangan-dan-peluang. Diakses pada 2 September 2023.
Purwana, D., Rahmi, & Aditya, S. 2017. Pemanfaatan Digital Marketing Bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Di Kelurahan Malaka Sari, Duren Sawit
Septiawan, Adi et.al. 2021. Pendayagunaan dan Pengembangan Potensi UMKM Desa Wirajaya Kecamatan Jasinga Kabupaten Bogor. Melalui KKN DR-Sisdamas Mahasiswa UIN Bandung Tahun 2021.
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Agisty Nur Zakia
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.