Pemberdayaan Masyarakat Melalui UMKM Olahan Umbi dengan Metode Pemasaran Online dan Brand Awareness dalam Bisnis di Desa Batukarut
Kata Kunci:
Pemberdayaan masyarakat, UMKM, Pemasaran online, Brand AwarenessAbstrak
Artikel ini berfokus pada pemberdayaan masyarakat melalui Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) olahan umbi (Talas, Ubi ungu, Pisang dan Singkong) di desa Batukarut, kecamatan Arjasari, kabupaten Bandung milik baPak Odang yang belum mempunyai brand dan hanya disalurkan ke pabrik dan Pasar. Atas dasar hal tersebut diperlukan merek dagang agar penjualan produk bisa lebih berkembang. Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mengetahui proses dan potensi usaha yang dimiliki oleh UMKM serta pengembangan yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di Desa Batukarut. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini mengacu pada SISDAMAS (berbasis pemberdayaan masyarakat) yang mempunyai beberapa siklus antara lain (1) refleksi sosial, (2) pemetaan sosial dan pengorganisasian masyarakat, (3) perencanaan partisipatif dan sinergi program, (4) pelaksanaan program dan monitoring evaluasi. Hasil pengabdian dalam bentuk pemberdayaan masyarakat ini adalah terbentuknya brand keripik Pak Odang, pemasaran online produk dibeberapa platform sosial media dan e-commerce (Facebook dan Shopee), serta take over pengelolaan toko online kepada pemilik usaha. Dampak yang didapatkan dari pemberdayaan masyarakat ini adalah meningkatkan taraf ekonomi masyarakat dan bertambahnya wawasan serta pengetahuan masyarakat akan pemasaran online dan pentingnya brand awareness.
Referensi
Herijon, Osland. 2023. “Potensi Agriwosata Buah dan Sayuran di Kecamatan Merek Kabupaten Karo.” Jurnal Akademi Pariwisata Medan 11 (1). https://doi.org/10.36983/japm.v11i1.338.
Noor, Munawar. 2011. “PEMBERDAYAAN MASYARAKAT.” Jurnal Ilmiah CIVIS. Vol. I.
Ramadayanti, Firda. 2019. “Jurnal Studi Manajemen dan Bisnis Peran Brand Awereness Terhadap Keputusan Pembelian Produk.” JSMB. Vol. 6. http://journal.trunojoyo.ac.id/jsmb78.
Solihin, Dede, Ahyani, Karolina, Lidya Pricilla, dan Sari, Irma Octaviani. 2021. “PELATIHAN PEMASARAN ONLINE BERBASIS DIGITAL UNTUK MENINGKATKAN PENJUALAN BISNIS ONLINE PADA UMKM DI DESA CICALENGKA KECAMATAN PANDEGLANG KABUPATEN TANGERANG.” Dedikasi PKM UNPAM 2: 307–11.
Swissia, Pebrina, dan Halimah Halimah. 2023. “Pemberdayaan Masyarakat Desa Cilimus Kecamatan Teluk Pandan Melalui Pengembangan Umkm.” Jurnal Pengabdian Masyarakat Tapis Berseri (JPMTB) 2 (1): 73–80. https://doi.org/10.36448/jpmtb.v2i1.51.
Wulandari, Linda, Mita Fatari Ramadhani, Muhamad Nur Hakim, Rio Santoso, dan Ferli Septi Irwansyah. 2021. “Pemberdayaan Masyarakat melalui UMKM Opak dalam Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat Desa Karangbenda di Masa Covid-19.” https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Raafi Herdiansyah Putra, Dede Esa Purnama, Fakhri Awalludin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.