Meningkatkan Semangat Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pendampingan Belajar Di Kampung Rancanumpang

Penulis

  • Ayi Sofyan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Irmayani Irmayani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lidya Afidar UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Taufiq Ramadhan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Reni Yulianty UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pandemi, Pendampingan Belajar, Semangat

Abstrak

Pendidikan adalah cara untuk memperoleh pengetahuan dan mengembangkan kreativitas melalui kegiatan pembelajaran. Keberhasilan peserta didik dalam meningkatkan kemampuan untuk berfikir membutuhkan peran pendidik dalam suatu pembelajaran. Namun saat ini, dunia sedang berada dalam masa sulit pandemic Covid-19 yang mempengaruhi beberapa sektor kehidupan seperti sektor wisata, sektor manufaktur, sektor ekonomi, sektor transportasi termasuk sektor Pendidikan. Karena dampak tersebut aktivitas pada sektor pendidikan diharapkan dapat dilakukan dari rumah sehingga menimbulkan beberapa kendala seperti kurangnya kesiapan orang tua dalam mendampingi anaknya belajar online, keterbatasan sarana dan prasarana orang tua yang diberikan kepada anaknya, dan kurangnya penjelasan materi dari guru kepada peserta didik. Berdasarkan masalah tersebut peserta KKN DR Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung membuat program kegiatan pendampingan belajar online bagi anak-anak di RW.01 Rancanumpang. Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan  minat dan semangat belajar anak-anak dalam pembelajaran online. Metode pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan mengadopsi langkah-langkah pengabdian berbasis pemberdayaan masyarakat (SISDAMAS) yang diusung oleh Tim Pusat Pengabdian LP2M UIN Sunan Gunung Djati Bandung, yaitu siklus I hingga IV. Data dikumpulkan melalui observasi partisipasif saat pelaksanaan KKN DR SISDAMAS berlangsung. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif untuk menganalisis data yang diperoleh dari hasil observasi dan wawancara yaitu, dengan cara menjelaskan, mengkategorikan, dan menginterpretasikan data. Kegiatan pelaksanaan pendampingan belajar memberikan hasil positif bagi anak-anak RW.01 Rancanumpang, dimana anak-anak menjadi lebih bersemangat dan kritis ketika belajar online.

Referensi

A, S. R., & Surotul, I. (2019). Lembar Kegiatan Siswa Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Berdasarkan Literasi Saintifik Pada Topik Penyakit Covid-19. 8(5).

Dabbagh, N., & Ritland, B. B. (2015). Online Learning, Concept Strategies and Application . Ohio: Person.

Mayeroff, M. (1993). Mendampingi untuk menumbuhkan. Yogyakarta: Kanisius BPK Gunung Mulya.

Setiawan, R. A., & Surotul, I. (2019). Lembar Kegiatan Siswa Untuk Pembelajaran Jarak Jauh Berdasarkan Literasi Saintifik Pada Topik Penyakit Covid-19. 8(5).

Stainback, S. W. (1988). Understanding & conducting Qualitative Research. Dubuque, Lowa: Kendall/Hunt Publising Company.

Suyono, & Hariyanto. (2011). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Wahidin. (2019). Peran orang tua dalam menunbuhkan motivasi belajar pada anak sekolah dasar. Jurnal Pancar, 3(1), 239.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-01

Cara Mengutip

Sofyan, A., Irmayani, I., Afidar, L. ., Ramadhan, T. ., & Yulianty, R. . (2021). Meningkatkan Semangat Belajar Anak Di Masa Pandemi Covid-19 Melalui Pendampingan Belajar Di Kampung Rancanumpang. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(18), 137–144. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/155

Terbitan

Bagian

Articles