Meningkatkan Motivasi Belajar Tarikh Pada Siswa di Pesantren Nurul Iman Cipancur

Penulis

  • Pebrianti Awaliyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Edi Komarudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

KKN, Pembelajaran, Sejarah

Abstrak

Program KKN merupakan salah satu agenda wajib bagi mahasiswa tingkat akhir khususnya di UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tetapi dua tahun terakhir ini, dunia sedang dilanda wabah yang mematikan yang mengaharuskan manusia untuk tidak banyak bergerombol tidak terkecuali untuk Indonesia. Karena itu KKN tahun ini UIN Sunan Gunung Djati Bandung masih berbentuk KKN DR yang berbasis online. Meskipun begitu mahasiswa diperbolehkan untuk menjalani KKN secara offline dengan syarat mendapat izin dari satgas Covid-19 setempat. Penulis memilih melaksanakan KKN secara offline yang terlebih dahulu mendapat izin dari stakeholder setempat. Pelaksanaan tersebut dilakukan secara mandiri dengan menggunakan metode sisdamas atau berbasis pemberdayaan masyarakat. Tujuan dari adanya kegiatan ini adalah memberikan pengalaman mahasiswa dalam bergelut di masyarakat, memberikan pengalaman pada masyarakat terkait kehadiran mahasiswa di tengah masyarakat, serta berupaya untuk menyelesaikan masalah, mengembangkan potensi, dan memenuhi kebutuhan masyarakat. Program utama penulis ialah di bidang pendidikan terutama pelajaran Sejarah. Masalah dalam pembelajaran sejarah diselesaikan dengan metode pembelajaran yang variatif. Potensi minat siswa terhadap nadoman disalurkan melalui perlombaan nadoman pada acara penutupan KKN. Kebutuhan akan tenaga pengajar diselesaikan dengan ikut membantu mengajar ngaji.

Referensi

Agung S., L. (2012). Pengembangan Model Pembelajaran Sejarah SMA Berbasis Pendidikan Karakter di Solo Raya. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18.

Kusnawan, A., Sarbini, Miharja, D., & Akmaliyah. (2021). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah. Bandung: Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Madjid, M. D., & Wahyudhi, J. (2018). Ilmu Sejarah Sebuah Pengantar. Depok: Prenadamedia Group.

Permana, N., Nuriah, T., & Umasih. (2017). Pengaruh Metode Pembelajaran dan Kesadaran Sejarah Pada Mata Pelajaran Sejarah Terhadap Hasil Belajar Sejarah Siswa di SMA Negeri 1 Muara Bungol/Jambi. Jurnal Pendidikan Sejarah, 6.

Putri, N. A. (2017). Penerapan Metode Bercerita tentang Pendidikan Sejarah untuk Mengembangkan Sikap Nasionalisme Anak Usia Dini di TK Handayani Brebes. Skripsi.

Rulianto, & Hartono, F. (2018). Pendidikan Sejarah Sebagai Penguat Pendidikan Karakter. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4.

Sulasman. (2014). Metodologi Penelitian Sejarah. Bandung: Pustaka Setia.

Warini, N. L. (2020). Menuju Wajah Baru Pengajaran Sejarah. Jurnal Candra Sangkala, 2.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-01

Cara Mengutip

Awaliyah, P. ., & Komarudin, E. . (2021). Meningkatkan Motivasi Belajar Tarikh Pada Siswa di Pesantren Nurul Iman Cipancur. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(18), 95–109. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/152

Terbitan

Bagian

Articles