Pendekatan Saintifik pada Anak Menengah Kp. Cilayung RW. 04

Penulis

  • Ardi Alifudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dzikry Muhammad Nashir UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nuraenah Yakin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Firdha Ananda Amalia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Odang Odang UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pendekatan sains, Eksperimen

Abstrak

Dalam Situasi pandemi COVID-19, hampir seluruh aktivitas dilakukan secara online, tak terkecuali pendidikan. Tingkat semangat dalam belajar semakin menurun dirasakan oleh hampir seluruh pelajar dalam berbagai tingkat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan sifat kognitif pada anak melalui pendekatan sains dengan metode penelitian berupa eksperimen. Digunakan penelitian dengan penelitian kuantitatif survey dengan objek penelitian meliputi 30 anak yang berada dilingkungan RW.04 Kelurahan Wargamekar. Dengan  hasil survey didapatkan pemahaman pelajar sebesar  69,44 % anak yang paham terhadap eksperimen yang dilakukan.

Referensi

Hemawan Asep, “penelitian bisnis paradigma kuantitatif - Google Cendekia,” 2005.https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=penelitian+bisnis+paradigma+kuantitatif&oq=penelitian+bisnis+paradigma+kuant (accessed Aug. 29, 2021).

Anita Yus, Model Pendidikan Anak Usia Dini. Kencana, 2011.

R. N. Khalidah and N. I. Hasanah, “Pengenalan Sains Pada Anak Usia Dini Di Paud Terpadu Shabwa Amanah Landasan Ulin Utara Kec. Liang Anggang Kota Banjarbaru,” J. Warna Pendidik. Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, vol. 5, no. 1, pp. 12–22, Apr. 2020, doi: 10.24903/jw.v5i1.421

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-03-05

Cara Mengutip

Alifudin, A., Nashir, D. M. ., Yakin, N. ., Amalia, F. A. ., & Odang, O. (2022). Pendekatan Saintifik pada Anak Menengah Kp. Cilayung RW. 04. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(54), 40–46. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1463

Terbitan

Bagian

Articles