Pelaksanaan Pembelajaran Luar Jaringan Bagi Siswa SD Dan MI Di Desa Sindangsari Pada Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Ayu Afifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dzaky Akbar Shidiq UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hafizh Adli UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Usmiati Usmiati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yulia Nurazizah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pembelajaran, Luring, Home Visit, Pengabdian

Abstrak

Adanya kebijakan pemerintah dalam pembatasan sosial, kegiatan belajar mengajar yang terjadi di Indonesia diharuskan untuk menggunakan metode daring. Namun untuk sebagian masyarakat pembelajaran daring menjadi suatu kesulitan tersendiri. Dengan adanya kegiatan kuliah kerja nyata yang dilakukan oleh mahasiswa Universitas Islam Negri Sunan Gunung Djati Bandung yang melakukan pengabdian di Desa Sindangsari dengan tujuan untuk mengoptimalkan kegiatan belajar mengajar pada SD Sindangsari 1 dan MI Mabdaul Falah yang dilakukan secara luring. Adapun metode pembelajaran yang dilakukan yaitu dengan melakukan home visit untuk sebagian kelas di SD Sindangsari 1 dan pembelajaran tatap muka secara langsung di kelas untuk MI Mabdaul Fatah, dengan menjalankan protokol kesehatan yang ketat sehingga kegiatan belajar mengajar dapat dijalani sepenuhnya. Hasil yang didaptkan dari kegiatan yang dilakukan, adanya kegiatan yang optimal dalam mengajar serta siswa yang lebih mudah untuk memahami materi pembelajaran yang diberikan. Sehingga dapat kesimpulan bahwa kegiatan belajar mengajar secara luring sangat efektif diberikan kepada siswa setingkat SD ataupun MI.  

Referensi

A, A. (2020). Implementasi pembelajaran Door to Door Pada Perkembangan Psikologi Belajar Anak di TKIT RAudlotul Mu'minin. IJIP: Indonesia Journal of Islamic Psychology, 84-111.

Aji, R. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial dan Budaya Syar'i, 394-402.

Ayu P, R. S. (2021). Strategi Pembelajaran Melalui Daring dan Luring Selama Pandemi Covid-19 di SD Negeri Sugihan 03 Bendosari. Prima Magister : Jurnal Ilmiah Kependidikan, 1-8.

Kemendikbud. (2020, September 03). Pedoman Penyelenggaraan Pada Tahun Ajaran dan Tahun Akademik Baru pada Masa Pandemi Covid-19. https://dikti.kemendikbud.go.id.

Kemenkes. (2020, September 3). Pedoman Kesiapan Menghadapi Covid-19. https://www.kemenkes.go.id, pp. 0-115.

Malyana. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring dan Luring Dengan Metode Bimbingan Berkelanjutan Pada Guru Sekolah Dasar di Teluk Betung Utara Bandar Lampung. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar Indonesia, 67-76.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-12-01

Cara Mengutip

Afifah, . A. ., Shidiq, D. A. ., Adli, H. ., Usmiati, U., & Nurazizah, Y. . (2021). Pelaksanaan Pembelajaran Luar Jaringan Bagi Siswa SD Dan MI Di Desa Sindangsari Pada Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(18), 1–9. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/145

Terbitan

Bagian

Articles