Efektivitas Bimbingan Belajar Daring Di Desapakuhaji dalam Masa Pandemi Covid-19

Penulis

  • Zulfa Nur Jihan UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asro Asro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pandemi, Pemberdayaan, Bimbingan belajar

Abstrak

Pada awal Tahun 2020 dunia di gemparkan oleh salah satu penyakit yang menyebabkan kematian. Sehingga pemerintah Indonesia mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk menerapkan social distancing, dan mengikuti protokol kesehatan. Penyaki t ini disebabkan oleh sebuah virus yang dinamakan Corona. Yang dimana virus ini memakan banyak korban salah satunya di Indonesia ini sendiri. Kasus terkonfirmasi Indonesia termasuk salah satu kasus positif Covid-19 tertinggi di dunia. Dan hingga saat ini masih banyak masyarakat yang mengabaikan protokol kesehatan, juga berdampak terhadap pendidikan. Pembelajaran yang awalnya bertempat disekolah tapi saat ini di gantikan dirumah melalui sistem online, hal ini menjadi keterbatasan seperti, rendahnya pemahaman mengenai media digital, keterbatasan sinyal dan juga tidak semua memiliki handphone. Pembelajaran online juga bukan hanya terhambat dalam teknis akan tetapi esensi pembelajaran belum terlihat keefektifannya. Penelitian ini menganalisa bagaimana perilaku masyarakat desa Pakuhaji dalam menghadapi pembelajaran online di masa pandemi covid 19 ini. Metode pelaksanaan KKN ini yakni program berorientasi terhadap masyara kat dalam bidang pendidikan. Penelitian ini termasuk pada penelitian kualitatif deskriptif yang mendeskripsikan layanan bimbingan dalam belajar untuk mengurangi kesulitan belajar siswa-siswi pada masa pandemi COVID-19. Hasil yang dicapai dalam pengabdian ini yaitu memberikan bimbingan terhadap siswa dan siswi dalam belajar online.

Referensi

Cindy. 2021. Indonesia Peringkat ke-4 Negara Berpenduduk Terbanyak Dunia.

Indonesia Negara Maritim dengan Kepulauan Terbesar di Dunia - Website Resmi Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat (jabarprov.go.id)

Abidin, Zaenal. 2006. Layanan Bimbingan Belajar Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Belajar Mengajar. P3M STAIN Purwokerto: Jurnal Pemikiran Alternatif

Kependidikan, Vol. 11 No. 1

Amti, Erman, dan Prayitno. 2004. Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok. Padang: Jurusan Bimbingan Dan Konseling Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang.

Dewi, E. A. F. 2020. Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55-61.

Pranowo, G. 2020, 4 16). Alasan Mengapa Menutup Sekolah Sebenarnya Bisa Berbahaya Saat Wabah Corona. Retrieved fromTEMPO.CO:https://www.tempo.co/abc

/5394/alasan-mengapa-menutup-sekolah- sebenarnya-bisa-berbahaya-saat-wabah- corona

Tarigan, Rehulina. (2020). Kuliah kerja mahasiswa (kkm) di masa pandemicovid-19sebagaisalah satu bentuk pengabdiankepada masyarakat. Jurnal ABDIKARYA, 2(2), 142-157.

Nenti, Resna. (2021). Manfaat Belajar Sambil Bermain yang Luar Biasa bagi anak

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-04

Cara Mengutip

Nur Jihan , Z. ., & Asro, A. (2021). Efektivitas Bimbingan Belajar Daring Di Desapakuhaji dalam Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(1), 108–120. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/14

Terbitan

Bagian

Articles