Maksimalisasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniah Al-Manan Pasirloa Desa Kadakajaya

Penulis

  • Diaz Ilyasa Supriatna Supriatna Ilmu Al-Qur’an dan Tafsir, Fakultas Ushuluddin, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Kuis, Pembelajaran, Metode Hafalan, Metode Kompetitif, Nadoman

Abstrak

Metode hafalan nadoman mejadi salah satu metode pembelajaran yang banyak digunakan dan terbukti efektif. Namun pada pelaksanaanya seringkali terdapat hambatan seperti membosankan karena dianggap monoton yang membuat metode ini kurang maksimal. Peneliatian ini menggunakan metode kualitatif dimana peneliti menganalisis permasalahan dan menjelaskan secara deskriptif. Penerapan metode kompetitif yang berbentuk kuis Ranking 1 menjadi salah satu cara yang efektif dalam memaksmalkan metode hafalan karena dalam pelaksanaanya setiap selesai menjawab soal dilakukan pembacaan nadoman bersama-sama agar hafalan tidak mudah lupa. Dengan menambahkan kuis Ranking 1 sebagai selingan dalam pembelajaran yang menggunakan metode hafalan, menjadikan suatu hal yang dapat me-refresh keadaan siswa agar lebih bersemangat dalam menghafal nadoman dan menghilangkan rasa bosan.

Referensi

Lahpan, N. Y. (2021). Nadoman Sebagai Ruang Negosiasi Dalam Pertemuan Islam dan Budaya Sunda. Lopian: Jurnal Pengetahuan Lokal Vol. 1 No. 1, 1-23.

Sukayat, T. (2017). Nadzom sebagai Media Pendidikan dan Dakwah. Cendekia Vol. 15 No. 2, 342-355.

Zaini, A. (2015). Bermain Sebagai Metode Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Thufula Vol.3 No.1, 118-134.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-27

Cara Mengutip

Supriatna, D. I. S. . (2022). Maksimalisasi Metode Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Diniah Al-Manan Pasirloa Desa Kadakajaya. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(83), 54–62. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1243

Terbitan

Bagian

Articles