Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa di Masa Pandemi

Penulis

  • Arya Nurusy S Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • M. Ikhlasul Adnan Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Nita Febianti Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Nur Hanipah S Matematika, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Toneng Listiani Sastra Inggris, Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

Pendidikan, Pandemi Covid-19, Pengabdian

Abstrak

Pendidikan di masa pandemi COVID – 19 ini mengalami permasalahan yang cukup serius, sehingga dibutuhkan penanganan yang serius pula. Pengabdian ini bertujuan untuk meringankan permasalahan yang terjadi di pendidikan pada masa pandemi COVID – 19, dengan melaksanakan kegiatan bimbingan belajar kepada siswa yang kesulitan dalam melaksanakan proses pembelajaran di masa pandemi COVID – 19. Pengabdian ini dimulai dari refleksi social, social mapping, perencanaan parsitipatif dan pelaksanaan program. Permasalahan pendidikan yang terjadi perlahan mulai teratasi, dilihat dari antusias siswa yang semakin meningkat dalam proses pembelajaran dan siswa lebih memahami materi yang diberikan di sekolah. Sehingga disimpulkan dengan adanya bimbingan belajar yang lebih intens kepada siswa dapat meringankan permasalahan yang terjadi di pendidikan pada masa pandemi COVID – 19.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-27

Cara Mengutip

Nurusy S, A., Adnan, M. I., Febianti, N., S, N. H. ., & Listiani, T. (2022). Bimbingan Belajar untuk Meningkatkan Semangat Belajar Siswa di Masa Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(61), 76–85. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1230

Terbitan

Bagian

Articles