Pendampingan Kiat-kiat Belajar Menyenangkan dari Rumah bagi Anak Usia Sekolah Dasar di Desa Pasanggrahan
Kata Kunci:
Motivasi, Belajar, Kiat-kiatAbstrak
Pemerintah memberikan kebijakan untuk menyelenggarakan pembelajaran jarak jauh (PJJ) dalam penanggulangan pandemi covid-19. Pelaksanaan PJJ menimbulkan turunnya motivasi dan minat belajar siswa dikarenakan siklus berulang yang membosankan dan sulitnya akses internet. Tujuan dari kegiatan pengabdian ini diharapkan dapat memicu kembali semangat belajar siswa yang berkurang akibat pembelajaran daring selama PJJ. Pengabdian dilakukan dengan melalui beberapa tahap, yaitu identifikasi masalah, pendampingan, dan evaluasi. Metode pendampingan yang digunakan adalah metode partisipatoris kolektif. Hasil dari kegiatan menunjukkan bahwa metode yang diterapkan dalam pendampingan kiat-kiat belajar menyenangkan bagi anak usia sekolah dasar di desa pasanggrahan tepat disosialisasikan di masa pandemi dan sekolah tatap muka terbatas. Hal ini dilihat dari perkembangan, antusiasme, juga respon positif dari peserta didik juga pihak bersangkutan lainnya.
Referensi
Endriani, D., Sari, Y. R., & Rasmita. (2020). Tips dan Triks Mengajar Anak di Rumah selama Pembelajaran Online. Jurnal Laporan Abdimas Rumah Ilmiah (JLARI), 1(1), 55-61. Diambil kembali dari http://www.jlari.org/index.php/jlari/article/view/9
Ginting, E. S., Lubis, T. W., & Pertiwi, S. (2021). Kiat Menghadapi Tantangan Pembelajaran Daring Di Masa Pandemi Covid-19. TRIDARMA: Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM), 35-43.
Hamdani, A. R., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid-19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, VI(01), 1-9. doi:https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120
Kemendikbud RI. (2020, September 2). Dua Prinsip Kebijakan Pendidikan di Masa Pandemi COVID-19. Jakarta. Dipetik September 2, 2021, dari https://youtu.be/0WQJR2-F8eo
Lahir, S., M. H., & Tho’in, M. (2017). PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR MELALUI MODEL PEMBELAJARAN. Edunomika .
Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh Interaksi Sosial Keluarga, Motivasi Belajar, dan Kemandirian Belajar terhadap Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan.
Prasetya, I. G., Winarno, R. D., & Eriany, P. (2013). BIMBINGAN BELAJAR EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN KEBIASAAN BELAJARPADA SISWA KELAS VII. Prediksi, Kajian Ilmiah Psikologi, 1-4.
Pratama, A. P. (2021). Pengaruh Pembelajaran Daring Terhadap Motivasi Belajar Siswa SD. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1), 88-95. Diambil kembali dari https://ummaspul.e-journal.id/MGR/article/download/1731/571
Primahendra, R. (2002). Pedoman Pendampingan untuk Pemberdayaan Masyarakat. Jakarta: Dinkesos.
Syafnidawaty. (2020, November 13). Apa Itu Evaluasi? Dipetik September 3, 2021, dari raharja.ac.id: raharja.ac.id/2020/11/13/apa-itu-evaluasi/
Syambudi, I. (2021, Juli 30). Grafik COVID Indonesia Juli 2021: Jauh dari Target & Tak Terkendali. (A. Aziz, Editor) Dipetik September 2, 2021, dari tirto.id: https://tirto.id/grafik-covid-indonesia-juli-2021-jauh-dari-target-tak-terkendali-gicx
Yunitasari, R., & Hanifah, U. (2020). Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Minat Belajar Siswa pada Masa Covid-19. Edukatif:Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(3), 232-243. doi:https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i3.142
##submission.downloads##
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Siti Sindi Hakiki
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.