Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh Dengan ICT (Information And Communication Technology) (Studi Kasus terhadap Guru dan Siswa di wilayah Desa Sukamaju, Kec. Cihaurbeuti, Kab. Ciamis)

Authors

  • Ani Fitriani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hilman Lajuardhie UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Salma Nurul Azizah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pembelajaran, PJJ, ICT

Abstract

Pandemi Covid-19 banyak menyebabkan perubahan – perubahan kegiatan
dalam bidang pendidikan. Dimana kegiatan yang berhubungan dengan
pendidikan dilaksanakan dengan jarak jauh, dengan begitu peran teknologi
sekarang ini sangat diperlukan guna mengoptimalisasi proses kegiatan
belajar mengajar yang dilaksanakan oleh setiap jenjang pendidikan. Selama
proses pengabdian kepada masyarakat, kelompok KKN – DR SISDAMAS
kelompok 140 berhasil mengidentifikasi beberapa permasalahan yang terjadi
pada bidang pendidikan yang mana proses pembelajarannya dilaksanakan
secara jarak jauh, dimana kurangnya pengetahuan dan kemampuan peserta
didik dalam memahami teknologi informasi dan komunikasi serta terkendala
dalam kegiatan konsultasi belajar. Dengan mengatasi permasalahan tersebut
maka diperlukan kegiatan workshop mengenai ICT (Information and
Communication Technology) serta pelatihan dalam mengoperasikan aplikasi
yang biasanya digunakan untuk belajar seperti, pelatihan ZOOM Conference,
Microsoft office, dan Google Form bagi pendidik yang bertujuan
meningkatkan pemahaman serta kemampuan pendidik dan peserta didik
dalam menggunakan teknologi yang mendukung kegiatan belajar mengajar.
Hasil dari pelatihan tersebut menunjukkan bahwa setelah melaksanakan
pelatihan, pendidik dan peserta didik mampu mengoperasikan teknologi
dengan baik dan dapat mengaplikasikan dalam kegiatan belajar mengajar.
Serta peningkatan kualitas dilihat dari kegiatan konsultasi belajar, dan
kegiatan perlombaan yang telah dilakukan oleh kelompok peneliti.

References

Warsita, Bambang. 2011. Pendidikan Jarak Jauh, Perencanaan, Pengembangan,

Implementasi, dan Evaluasi Diklat. Bandung: Pt. Remaja Rosdakarya.

Budiana, H.R., Sjafirah, N.A. dan Bakti, I. 2015. Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan

Komunikasi Dalam Pembelajaran Bagi Para Guru Smpn 2 Kawali Desa Citeureup

Kabupaten Ciamis. Dharmakarya: Jurnal Aplikasi Ipteks untuk Masyarakat, Vol. 4,

No. 1, Mei 2015: 59 - 62 ISSN 1410 – 5675

Al – Khidmat. 2021. Jurnal Ilmiah Pengabdian Kepada Masyarakat.

https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/al-khidmat. Pusat Pengabdian Kepada

Masyarakat UIN Sunan Gunung Djati.

Qodim, H. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah. UIN Sunan Gunung

Djati Bandung: Pusat Pengabdian Kepada Masyarakat.

Mahmudi, A., Sodiq, F. 2021. Optimalisasi Teknologi Informasi Untuk Peningkatan

Kualitas Pembelajaran. Jurnal Pengabdian Vokasi, Vol.2, No.1, Juni 2021, ISSN

– 8801

Idwan, 2009. Pembelajaran berazas media teknologi informasi.

http://jurnalmedia.com/tik/~idwan.pdf. diakses Mei 2009

Haviluddin2, 2010. Active Learning berbasis Teknologi Informasi (ICT)1. Jurnal

Informatika Mulawarman Vol 5 No. 3 September 2010

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Fitriani, A. ., Lajuardhie, H. ., & Azizah, S. N. . (2021). Optimalisasi Pembelajaran Jarak Jauh Dengan ICT (Information And Communication Technology) (Studi Kasus terhadap Guru dan Siswa di wilayah Desa Sukamaju, Kec. Cihaurbeuti, Kab. Ciamis). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(9), 299–310. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/116

Issue

Section

Articles