Pengembangan Usaha pada Sektor UMKM di Desa Tresna Asih dengan Menggunakan Manfaat dari Pasar Digital

Penulis

  • Ibadurrohman Nur Mutabi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dewi Kustanti Program Studi Pendidikan Umum,Fakultas Adab dan Humaniora, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Pengabdian Masyarakat, UMKM, Digital Marketing, Media Sosial

Abstrak

Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memiliki peran penting dalam pertumbuhan perekonomian sebuah negara dan memiliki kesempatan untuk menyerap tenaga kerja sehingga perlu untuk dikembangkan. UMKM Stoen house menjual berbagai makanan dan minuman yang berlokasi di di Desa Lebak Muncang Dusun Tresna Asih (Cijembel) RT 001 / RW 007, Kecamatan Ciwidey, Kabupaten Bandung. Masalah yang dihadapi oleh UMKM Stoen house yaitu pemasaran produk masih tradisional, pemasaran produk masih mencakup wilayah tertentu dan belum adanya promosi produk. Solusi dari masalah yang dihadapi oleh UMKM stoen house adalah membuatkan akun media sosial, pembuatan branding, pengemasan barang, dan memposting foto produk. Metode penyelesaian masalah dalam program KKN dengan metode penyelesaian berupa pelatihan dan pendampingan tentang Digital Marketing. Kegiatan KKN menghasilkan penggunaan media sosial yang dapat digunakan UMKM Asih untuk menarik minat pembeli. Pelatihan dan pendampingan dilakukan secara intensif untuk memastikan UMKM Stoen house dapat menggunakan secara maksimal

Referensi

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-15

Cara Mengutip

Mutabi, I. N., & Kustanti, D. (2022). Pengembangan Usaha pada Sektor UMKM di Desa Tresna Asih dengan Menggunakan Manfaat dari Pasar Digital. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(84), 10–16. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1093

Terbitan

Bagian

Articles