Pembelajaran Agama Islam untuk Kelompok Diniyah Anak

Penulis

  • Hazmi Jaya Kusumah Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung
  • Abdul Syukur Prodi Studi Agama-Agama, Fakultas Ushuluddin, Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Anak, Pembelajaran, Diniyah

Abstrak

Pembelajaran anak merupakan sebuah upaya untuk menjadikan generasi selanjutnya menjadi lebih baik daripada generasi sebelumnya, fokus yang bangun dalam penelitian kali ini adalah pembelajaran madrasah diniyah untuk kelompok anak yang berlokasi di Kampung Cagak, Desa Haurpugur, Kecamatan Rancaekek. Latar belakang anak-anak tersebut akan pemahaman dan pengetahuan mengenai keagamaan masih kurang. Hal tersebut dikarenakan akses menuju madrasah terdekat di kampung tersebut sangat jauh dan minim penerangan sehingga meninmbulkan kekhawatiran dari pihak orang tua. Metode pengabdian yang kami terapkan pun berupa metode individual dan kelompok yang menjadi sasarannya anak-anak dan juga orang tua. Nantinya anak-anak tersebut akan dibentuk kelompok baru dalam pengajaran keagamaan, sehingga diharapkan dapat berlangsung lama tidak hanya bertahan saat ada KKN. Tujuan penelitian ini dilaksanakan untuk meingkatkan pemahaman dan pengetahuan anak di kampung tersebut. Hasil dari penelitian tersebut dapat dilihat bahwa dengan diadakannya kembali kelompok diniyah membantu anak-anak dalam belajar keagamaan

Referensi

Djamarah, S. B. (2002). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Kholis, N. (2014). Paradigma Pendidikan Islam dalam Undang-Undang Sisdiknas 2003. Jurnal Kependidikan, 73-85.

M.Hincaoie, d. (2021). An Introduction to Augmented Reality With Applications in Aeronautical Maintenance. ICTON.

Nizah, N. (2016). Dinamika Madrasah Diniyah. LPPG, 181-202.

Nurhayati, E. (2018). Psikologi Pendidikan Inovatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nurhayati, E. (t.thn.). Psikologi Pendidikan Inovatif.

Pane, A. (2017). Belajar dan Pembelajaran. FITRAH Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 333-352.

Sada, H. J. (2016). MANUSIA DALAM PERSPSEKTIF AGAMA ISLAM. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 126-142.

Sari, N. (2017). Efektivitas Penggunaan Metode Bernyanyi dengan Media Berbasis Visual Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Materi Asean. Skripsi, 166.

Saurina, N. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Anak Usia Dini Menggunakan Augmented Reality. Jurnal IPTEK, 95-108.

Sugiono, I. A. (2017). Penguatan Mata Pelajaran Agama Islam dengan Penyuluhan Kurikulum KTSP untuk Guru Madrasah Diniyah di MDTA Mambaul Hikam Serambah Proppo Pamekasan. Seminar Nasional Hasil Pengabdian Masyarakat, 226-230.

Utomo, K. B. (2018). Strategi Metode dan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam MI. MODELLING: Jurnal Program Studi PGMI, 145-156.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-11

Cara Mengutip

Kusumah, H. J., & Syukur, A. (2022). Pembelajaran Agama Islam untuk Kelompok Diniyah Anak. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(76), 22–32. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1037

Terbitan

Bagian

Articles