Sosialiasi Aplikasi PLN Mobile kepada Masyarakat di Desa Sukamantri Bekerja Sama dengan Pihak PLN

Penulis

  • N. Kardinah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Arya Gillan Wirakusumah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Sosialiasi, Pelayanan Masyarakat,, Aplikasi, PLN Mobil

Abstrak

Pada dasarnya seorang pelanggan pasti menuntut pelayanan atau service
yang bagus dari pihak PLN terkait dengan pelayanan kepada masyarakat
yang diberikan PLN itu sendiri. Era globalisasi saat ini, menuntut organisasi
ataupun perusahaan untuk senantiasa meningkatkan pelayanan secara
profesional sesuai dengan bidangnya masing-masing. PLN berupaya
menciptakan inovasi terbaru saat ini, yakni PLN Mobile. PLN Mobile ini
terintegrasi dengan Aplikasi Pengaduan dan Keluhan Terpadu (APKT) dan
Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T). Program PLN Mobile ini
merupakan wujud inovasi dan layanan pusat kontak (contact center) “PLN
123” dengan menciptakan aplikasi “PLN Mobile”. Sosialisasi ini diberikan
kepada masyarakat di Desa Sukamantri dilakukan dengan menggunakan
media webinar dan dipaparkan sosialisasi yang bersangkutan mengenai
aplikasi PLN Mobile. Dari hasil pengabdian masyarakat terhadap penggunaan
aplikasi PLN Mobile tersebut terdapat 3 indikator keberhasilan yaitu jumlah
kehadiran, kemampuan memahami apa itu aplikasi PLN Mobile, dan
memahami cara penggunaan aplikasi PLN Mobile.

Referensi

Abdullah Idi. 2011. Sosiologi Pendidikan Individu, Masyarakat dan Pendidikan. Jakarta:

Rajawali Pers

Abdurrachman, Oemi. 2001. Dasar-dasar Public Relations. Bandung : Citra Adhitya

Bakti.

Anggoro, M. Toha. 2008. Metode Penelitian. Jakarta: Universitas Terbuka

Ardianto, Elvinaro. 2014. Metodelogi Penelitian untuk Public Relations Kuantitatif dan

Kualitatif. Bandung : Simbiosa Rekatama Media

Effendy,Onong Uchjana. 2009 .Human Relation & Public Relation. Bandung: CV.

Mandar Maju, Bandung

Nurudin, 2007.Pengantar Komunikasi Massa.Jakarta : Raja Grafindo Persada

Rachmadi, F. 1992. Public Relations dalam Teori dan Praktek. PT. Gramedia Pustaka

Utama, Jakarta

Ruslan, Rosady. 2005. Manajemen Public Relation dan Media Komunikasi (Konsepsi

dan Aplikasi). PT. Raja Grafindo Persada. Jakarta

www.pln.co.id

https://www.kompas.com/tren/read/2020/12/24/191500365/pln-luncurkan-aplikasi-newpln-mobile-ini-layanan-yang-bisa-diakses?page=all

https://www.antaranews.com/berita/1419257/pln-ajak-masyarakat-gunakan-aplikasi-plnmobile-saat-wabah-corona

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-11-06

Cara Mengutip

Kardinah, N. ., & Wirakusumah, A. G. . (2021). Sosialiasi Aplikasi PLN Mobile kepada Masyarakat di Desa Sukamantri Bekerja Sama dengan Pihak PLN. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(9), 126–132. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/100

Terbitan

Bagian

Articles