Optimalisasi Pembinaan TK Pesona Maladina Desa Nagreg Kendan Kecamatan Nagreg

Authors

  • Yuliani Yuliani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhammad Raihan Sasmita UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muthia Alisya Puteri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mohammad Kevin Aprilio Ferry UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Desa, Covid 19, Pendidikan

Abstract

Desa Nagreg Kendan merupakan salah satu desa yang berlokasi di
kecamatan Nagreg, Jawa Barat. Di desa tersebut pendidikan menjadi salah
satu aspek yang mendapatkan perhatian lebih. Dimasa pandemi Covid-19
saat ini, tentu banyak dampak yang ditimbulkan dari berbagai aspek, seperti
ekonomi, sosial dan tentunya pendidikan yang sangat terasa dampaknya saat
ini. Pendidikan sendiri merupakan pilar sakral dari suatu bangsa, karena
pendidikan berfungsi sebagai penunjang peningakatan kualitas sumber daya
manusia suatu bangsa. Adapun lembaga pendidikan yang tersedia di Desa
Nagreg Kendan sendiri mencakup pendidikan formal dan informal. Beberapa
diantaranya ada TK Pesona Madina, Yayasan Al-Qur’an Al-Ikhlas, dan lain
sebagainya. Metode pembelajaran yang digunakan oleh masing-masing
lembaga pendidikan tersebut menggunakan metode daring/tatap muka. Di
dalam pendidikan pun harus memiliki RPP (Rancangan Pelaksanaan
Pembelajaran) supaya lebih tertata dalam proses kegiatan belajar
mengajarnya.

Author Biography

Muthia Alisya Puteri, UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Desa Nagreg Kendan merupakan salah satu desa yang berlokasi di kecamatan Nagreg, Jawa Barat. Di desa tersebut pendidikan menjadi salah satu aspek yang mendapatkan perhatian lebih. Dimasa pandemi Covid-19 saat ini, tentu banyak dampak yang ditimbulkan dari berbagai aspek, seperti ekonomi, sosial dan tentunya pendidikan yang sangat terasa dampaknya saat ini. Pendidikan sendiri merupakan pilar sakral dari suatu bangsa, karena pendidikan berfungsi sebagai penunjang peningakatan kualitas sumber daya manusia suatu bangsa. Adapun lembaga pendidikan yang tersedia di Desa Nagreg Kendan sendiri mencakup pendidikan formal dan informal. Beberapa diantaranya ada TK Pesona Madina, Yayasan Al-Qur’an Al-Ikhlas, dan lain sebagainya. Metode pembelajaran yang digunakan oleh masing-masing lembaga pendidikan tersebut menggunakan metode daring/tatap muka. Di dalam pendidikan pun harus memiliki RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) supaya lebih tertata dalam proses kegiatan belajar mengajarnya.

Downloads

Published

2021-11-06

How to Cite

Yuliani, Y., Sasmita, M. R. ., Puteri, M. A. ., & Ferry, M. K. A. . (2021). Optimalisasi Pembinaan TK Pesona Maladina Desa Nagreg Kendan Kecamatan Nagreg. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(9), 80–88. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/97

Issue

Section

Articles