PENGEMBANGAN PROGRAM LITERASI UNTUK MENINGKATKAN MINAT BACA (STUDI KASUS SDN TEGALLAJA RW 06 DESA SUKATANI)
Keywords:
Desa Sukatani, Minat Baca, Taman Baca, Desa Sukatani, Minat Baca, Taman Baca.Abstract
Pada masa ini, perkembangan kemampuan membaca pelajar terhambat karena pengaruh penggunaan gadget yang berlebihan. Hal tersebut menyebabkan kurangnya kemampuan pelajar dalam membaca, begitupun dengan beberapa pelajar di Desa Sukatani yang masih belum bisa membaca diusia 6-12 tahun. Dalam hal ini, metode yang kami gunakan adalah partisipatif dengan melihat secara langsung di lapangan bahwa masih kurangnya minat baca di kalangan pelajar. Maka dari itu kami merencanakan program untuk meningkatkan minat baca yaitu Taman Baca. Hasil dari pendampingan program Taman Baca ditemukan beberapa penyebab kurangnya minat baca pada pelajar. pertama, kebiasaan membaca belum ditanamkan sejak dini. Kedua, perubahan siklus pembelajaran dikarenakan kondisi pandemi sehingga kurangnya keefektifan belajar di sekolah. Ketiga, kurangnya fasilitas sarana pra sarana pendidikan yang ada di lingkungan tersebut. Namun, dalam pelaksanaan program Taman Baca yang bersifat jangka panjang ini, terdapat beberapa faktor pendukung dan penghambat yang akan berpengaruh terhadap keberlangsungannya.
References
Abidin, Y. (2018). Pembelajaran Literasi Strategi Meningkatkan Kemampuan Literasi Matematika Sains, Membaca dan Menulis. Jakarta: Bumi Aksara.
Resti Yulia, D. A. (2021). Pengembangan Literasi Bahasa Anak Usia Dini. Universitas Negeri Padang V, No 1 , 66-78.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Andhika Eka Putranto, Ahmad Nurwalidi, Rais Muhammad Zaki, Farid Soleh Nurdin Tsaniyah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.