Optimalisasi Branding UMKM Produk Kopi Tanimukti di Kampung Pasirhuni melalui Inovasi Desain Logo
Keywords:
Logo, Merek, KKN, UMKMAbstract
Dalam era globalisasi dan persaingan bisnis yang semakin ketat, memberikan identitas pada produk menjadi salah satu elemen penting bagi keberhasilan sebuah usaha, termasuk Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Tujuan kegiatan pengabdian yang dilakukan oleh KKN Kelompok 247 Desa Cimanggu UIN Sunan Gunung Djati Bandung berfokus pada urgensi pembuatan logo untuk UMKM kopi Tanimukti dan bagaimana logo yang tepat dapat membantu memecahkan masalah branding mereka. Metode yang digunakan oleh tim KKN dalam pengabdian ini dengan cara membuat visualisasi desain logo produk kopi dengan brand Tanimukti Coffee dimulai dengan sosialisasi dan komunikasi secara langsung atau wawancara kepada pemilik kebun kopi sekaligus ketua kelompok tani di Desa Cimanggu yaitu Ketua RT 01/01 Kampung Pasirhuni. Dari hasil tim KKN memperloleh hasil bahwa nama brand Kopi Tanimukti diambil dari nama kelompok tani yang dikelola oleh Pak RT, yaitu "Tanimukti". Penggunaan nama yang sama ini bertujuan untuk mempertahankan keterkaitan antara produk kopi dengan komunitas petani yang memproduksinya. Hasil penggalian informasi dan riset yang telah dilakukan terhadap brand Kopi Tanimukti memberikan sejumlah wawasan penting yang dapat diintegrasikan ke dalam identitas brand, terutama melalui desain logo. Dengan diselenggarakannya kegiatan riset dan survei mengenai informasi serta sejarah produk, maka dapat ditindak lanjut kepada kegiatan branding atau pembentukan brand.
References
Adi Saputro, E., Defri, I., Al Furkhon, A., & Wanda Anastasia, B. (2022). Re-branding UMKM Kelurahan Kedundung Mojokerto Melalui Logo Baru yang Unik dan Menarik. In Jurnal Pengabdian Masyarakat Teknik Mesin. Vol. 2 No. 1
Ainun, N., Maming, R., & Wahida, A. (2023). PENTINGNYA PERAN LOGO DALAM MEMBANGUN BRANDING PADA UMKM. Jurnal Ekonomi & Ekonomi Syariah, 6(1), 674–681. https://doi.org/10.36778/jesya.v6i1.967
Arniati, N., Budianto, A., & Setianingsih, W. (2020). Pengaruh UTILITY ATRIBUT DAN LOGO PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (Suatu Studi pada Dealer Bahana Motor Ciamis). Business Management and Entrepreneurship Journal, 2(4), 154–167.
Camilleri, M. A. (2018). Market segmentation, targeting and positioning. In Travel marketing, tourism economics and the airline product (pp. 69–83). Springer.
Duckett, C. (2020). Moodboard Techniques: The Complete Guide to Creative Visual Planning. Design Insight.
Jewell, R. D., & Saenger, C. (2021). "Brand Authenticity: Conceptualization, Measurement, and Impact on Brand Equity." Journal of the Academy of Marketing Science, 49(3), 447-468.
Kapferer, J.-N. (2021). The New Strategic Brand Management: Advanced Insights and Strategic Thinking. Kogan Page.
Prasetyo, B. D., & Febriani, N. S. (2020). Strategi Branding: Teori dan Perspektif Komunikasi dalam Bisnis. Universitas Brawijaya Press.
Setiawati, S. D., Retnasari, M., & Fitriawati, D. (2019). Strategi membangun branding bagi pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(Februari), 125–136.
Sulistyo, Y., & Wikartika, I. (2024). Pembuatan Logo Guna Membangun Branding Pada UMKM Sambel Pecel Lima Dua Kelurahan Gunung Anyar. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 5(1), 48–54. https://doi.org/10.55338/jpkmn.v5i1
Suwandi, A., Susanti, & Nisrina. (2023). Pengembangan Logo pada Produk sebagai branding UMKM di Desa Wisata Kertarahayu. Journal of Tourism and Creativity, 7(2), 108–112.
Tettamanzi, P., & Bottani, E. (2020). "Rough Sketching as a Communication Tool in Product Development Processes." International Journal of Design, 14(1), 112-127.
Wati, et. Al. (2020). Digital Marketing. Malang: Literindo Berkah Karya.
Zenitha, N., Sari, S., & Suwaidi, R. A. (2023). BRANDING UMKM TAPE PAK LAN MELALUI PEMBUATAN LOGO STIKER DI DUSUN SEMEN, MUSIR KIDUL. Journal of Community Service (JCOS), 1(3), 61–67. https://doi.org/10.56855/jcos.v1i2.526
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alvin Gilbran Mahendra, Alwan Rabbani, Ghea Satya Rosana, Meisya Shantya Audila, Engkos Koswara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.