Pemberdayaan Produk UMKM menuju Sertifikasi Halal (Studi Kasus Desa Gunung Keling)

Authors

  • Muhamad Saeful Anwar Saeful UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Apip Rudianto UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Melinda Kusuma UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ropiatul Mila UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Abstract

Sertifikasi halal bukan hanya soal keyakinan agama, tapi yang pertama dan terpenting soal kesehatan,  kebersihan  produk. Bagi konsumen muslim, label halal yang tertera merupakan jaminan bahwa produk yang dibelinya tidak menyimpang dari pedoman syariah. Dengan sertifikasi Halal, konsumen dapat merasa lebih aman dan percaya diri dalam proses pembuatan produk yang mengikuti standar Halal yang telah ditetapkan. Melalui KKN Desa Sisdamas  Gunung Kering, kami memfasilitasi UMKM menjadi perantara untuk memperoleh sertifikat Halal. Sebelumnya, kami melihat situasi di Desa Gunung Keling dari sudut pandang kewirausahaan. Pada Kenyataannya, di desa Gunung Keling ini hanya sedikit UMKM yang memiliki sertifikat halal untuk produknya. Oleh karena itu, kami sebagai peserta KKN akan memabantu dan memberi dukungan kegiatan wirausaha  di desa Gunung Keling. Dengan dilaksanakannya program dukungan sertifikasi Halal ini, kami akan mempermudah proses sertifikasi Halal bagi mereka yang hanya menjadi perantara.

References

Desmira, Purbohastuti, A.W Lusianigrum, F.P.W A.A., Aribowo, D. “Peningkatan SDM UMKM Melalui Pengayaan Packaging Produk Di Kecamatan Jombang Kota Cilegon.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2021.

Diah Susanti, Tubagus Noor Rohmanuddin Sulistijono. “UPAYA SERTIFIKASI HALAL PRODUK UMKM UNTUK MEMPERMUDAH KEWIRAUSAHAAN MANDIRI.” Jurnal Kementrian dan Pemberdayaan Masyarakat, 2 Juli 2022.

M. Dahlan. “Peran Pengabdian Pada Masyarakat Dalam Pemberdayaan Usaha Mikro Kecil dan Menegah (UMKM).” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2017: 81-86.

Qeis, M.I, Mumtazori, A.F Listya, A. “Branding Produk UMKM Pempek Gersang .” Jurnal Desaian, 2019: 6.

Rahmawati, D, Oktaviani, F Sariawaty, Y. “Penguatan Produk UMKM "" Calief"" Melalui Strategi Branding Komunikasi.” Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2018.

Sofyan, N, Atmojo, M.E. Branding dan Pemasaran UMKM Emping Ketela Melalui Media Sosial. Yogyakarta: Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, 2021.

Downloads

Published

2024-12-08

How to Cite

Saeful, M. S. A., Rudianto, A., Kusuma, M., & Mila, R. (2024). Pemberdayaan Produk UMKM menuju Sertifikasi Halal (Studi Kasus Desa Gunung Keling). PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(4), 1–9. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5671

Issue

Section

Articles