Peran Mahasiswa Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa SDN Gunungkeling
Keywords:
mahasiswa, motivasi belajar, SDN GunungkelingAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap peran mahasiswa dalam meningkatkan motivasi belajar siswa di SDN Gunung Keling. Melalui metode pembelajaran yang inovatif, mahasiswa berhasil menciptakan lingkungan belajar yang lebih menyenangkan dan interaktif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan pada motivasi intrinsik siswa, ditandai dengan meningkatnya minat belajar, kepercayaan diri, dan rasa tanggung jawab dalam belajar. Keberhasilan program ini didukung oleh beberapa faktor, seperti kesesuaian program dengan karakteristik siswa, kerjasama yang baik antara mahasiswa, guru, dan siswa, serta pemanfaatan berbagai sumber belajar yang menarik. Temuan ini memberikan implikasi bagi pengembangan kebijakan pendidikan, yaitu pentingnya melibatkan mahasiswa sebagai bentuk intervensi dalam upaya meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah dasar. Mereka membawa semangat baru dan energi dalam proses belajar mengajar, memperkenalkan metode pembelajaran inovatif dan interaktif, serta memberikan motivasi tambahan melalui pembinaan karakter. Selain itu, pendekatan personal yang diambil oleh mahasiswa dalam membangun hubungan dengan siswa juga berkontribusi pada peningkatan motivasi belajar. Hasil ini menunjukkan bahwa mahasiswa dapat menjadi agen perubahan positif dalam meningkatkan kualitas pendidikan di sekolah dasar.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Danil Rizik Bilah , Nova sofia, Muhammad Adli Haaizun Ni'am, Mochammad Hilmi Budiman Alfattah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.