Pendampingan Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Yayasan Al-Furqon Di Masa Pandemi Covid-19

Authors

  • Pradita Aliffia Ayuningtias UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Delia Devalry Karine UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Riska Alpianti Wulandari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dwi Novita Sari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bahrudin Bahrudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bahrudin Bahrudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Fun learning, Pendampingan Belajar, Motivasi Belajar

Abstract

Sistem Pendidikan di Indonesia dimodifikasi untuk dapat menyesuaikan
kondisi yang diakibatkan oleh pandemi COVID-19, sehingga Mendikbud
membuat kebijakan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) sebagai respon.
Dampak pada sektor ekonomi juga mempengaruhi proses belajar siswa di
rumah karena kurangnya pendampingan dari orang tua. Hal ini
menyebabkan kemunduran kualitas belajar serta menurunnya motivasi
belajar siswa di sekolah. Adapun tujuan dari artikel ini adalah
mendeskripsikan kegiatan pengabdian masyarakat sebagai sarana
penyampaian kebermanfaatan di bidang pendidikan dalam bentuk
pendampingan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi
belajar serta keaktifan siswa di dalam kelas. Kegiatan ini melibatkan siswa
Madrasah Ibtidaiyah (MI) kelas IV, V dan VI dengan jumlah total kurang lebih
79 siswa. Metode pengabdian ini yaitu pelatihan serta pendampingan, yang
dilakukan dalam empat tahap; refleksi sosial dan pemetaan masalah,
participative planning, pelaksanaan kegiatan dan evaluasi. Program yang
lakukan antara lain; pemberian motivasi belajar, fun learning, pendirian pojok
baca, serta edukasi literasi. Hasil evaluasi program dilihat dari semangat
belajar siswa yang berkembang terlihat dari respons keaktifan serta
antusiasme yang mempermudah pengenalan metode belajar baru. Harapan
diselenggarakannya program tersebut adalah penerapan berkelanjutan dari
kegiatan belajar Fun Learning dan program wajib baca.

References

Diktis Lakukan Modifikasi KKN. 2020. Diakses dari

http://www.pendis.kemenag.go.id/index.php?a=detil&id=11433#.YTVlBY4zbMU

Farber, B. A. 1991. Crisis in education: Stress and burnout in the American

teacher. San Francisco, CA: Jossey Bass Publishers

Fauziah. 2017. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Lesson

Study di Kelas V SD Negri Lampagen Aceh Besar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru

Sekolah Dasar. Vol. 2. No. 1. 30-38

Filhayati, Leonyta Hanna. Widha Finagara. 2020. Pendampingan Belajar Bagi

Siswa SD Di Dusun Sumberejo Dalam Memacu Motivasi Belajar Di Masa Pandemi

Covid 19. Diakses dari :

Proceedings UIN Sunan Gunung Djati Bandung Vol: I No: V (November 2021) 153 dari 153

https://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/Proceedings

https://kkn.unnes.ac.id/lapkknunnes/32004_3312122004_6_Desa%20_20200925_1

pdf

Keller, J.M. 1987. Development and Use of the ARCS Model of Instructional

Design. Journal of instructional development. (10)3: 2-10. Available at:

https://link.springer.com/article/ 10.1007/BF02905780

Muhibbin, Syah. 2008. Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Ramadhan, Ardito. 2021. Kemendikbud Akui Pembelajaran Jarak Jauh

Menurunkan Kualitas Belajar. Diakses dari :

https://nasional.kompas.com/read/2021/01/23/14201841/kemendikbud-akuipembelajaran-jarak-jauh-menurunkan-kualitas-belajar

Rosaria, D., Novika, H. 2017. Bimbingan Belajar Bahasa Inggris Bagi Anak Usia

Sekolah Dasar (6-12 Tahun) Di Desa Semangat Dalam Rt.31 handil Bhakti. Jurnal AlIkhlas. ISSN : 2461-0992 Volume 2 Nomor 2.

Rstandi, Dwi. 2020. Tridharma Perguruan Tinggi tidak berhenti meski pandemi

covid-19. Diakses dari: https://dikti.kemdikbud.go.id/kabar-dikti/kabar/dirjen-dikti-tridharma-perguruan-tinggi-tidak-berhenti-meski-pandemi-covid-19/

Sardiman AM. 2007. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Jakarta: PT Raja

Grafindo Persada.

Shirom, A. 1989. Burnout in Work Organizations. In C.L. Cooper & I Robertson,

International Review of Industrial and organizational Psychology. New York: Wiley.

Sururie, R. W., Aziz, R., Muttaqin, Uriawan, W., Zulqiah, Mardiansyah, Y., &

Fridayanti. (2019). Model KKN Sisdamas UIN Sunan Gunung Djati Bandung:

Tantangan dan Peluang Pelaksanaan. Al-Khidmat, 24-28.

Suryabrata, S. 2004. Psikologi Pendidikan. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

ISBN: 979-421-082-X.

Tim Penyusun. (2020). Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah Berbasis

Pemberdayaan Masyarakat (KKN-DR Sisdamas). Bandung: Lembaga Penelitian dan

Pengabdian Masyarakat (LP2M) UIN Sunan Gunung Djati.

Winkel WS. 1996. Psikologi Pengajaran, Jakarta : Gramedia.

Zohar, D. 1997. Predicting burnout with a hassle-based measure of role

demands. Journal of Organizational Behavior.

Downloads

Published

2021-12-03

How to Cite

Ayuningtias, P. A. ., Karine, D. D. ., Wulandari, R. A. ., Sari, D. . N. ., Bahrudin, B., & Bahrudin, B. (2021). Pendampingan Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Yayasan Al-Furqon Di Masa Pandemi Covid-19. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(5), 135–153. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/257

Issue

Section

Articles