Strategi Digital Marketing dan Urgensi Sertifikasi Produk Halal UMKM Desa Citapen

Authors

  • Irma Purnama Putri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Anya UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ulfah Azizah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Digital Marketing Sertifikasi Produk Halal UMKM

Abstract

Digital marketing adalah kegiatan promosi dan pencarian pasar melalui media digital secara online dengan memanfaatkan berbagai media misalnya jejaring sosial. Digital marketing memudahkan para pelaku usaha untuk memantau dan menyediakan segala kebutuhan dan keinginan dari konsumen. Sertifikasi halal pada produk dapat meningkatkan kepuasan pelanggan yang berpengaruh terhadap pendapatan bisnis. Dengan adanya logo halal dapat berpengaruh terhadap kepuasan dan keputusan pembelian, khususnya bagi konsumen yang beragama islam. Mengingat banyaknya pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Desa Citapen, maka Kelompok 248 KKN Sisdamas Moderasi Beragama berkolaborasi dengan Kelompok 445 KKN Tematik mengadakan seminar ekonomi bertajuk Strategi Digital Marketing dan Urgensi Sertifikasi Produk Halal. Kegiatan tersebut bertujuan untuk memberdayakan para pelaku UMKM di Desa Citapen, khususnya RW 08. Metode yang digunakan terdiri dari empat tahap, yaitu Social Reflection, Community Organizing and Sosial Mapping, Participation Planning, dan Action. Hasil dari seminar ini mendorong pelaku usaha Desa Citapen untuk mengembangkan usahanya dengan mengikuti perkembangan digital. Pelaku usaha diarahkan mulai dari pemasaran produk, seritifikasi produk hingga elemen kecil seperti pembuatan logo. 

Downloads

Published

2024-12-08

How to Cite

Purnama Putri, I., Febriani, S., & Azizah, U. . (2024). Strategi Digital Marketing dan Urgensi Sertifikasi Produk Halal UMKM Desa Citapen. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(4), 1–13. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1989

Issue

Section

Articles