Penerapan Metode Fun Ashwat Dalam Meningkatkan Kualitas Ashwat Berbahasa Arab Pada Anak Usia Dini

Authors

  • Rani Puspita UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Yuliani Yuliani UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Ashwat, Bahasa Arab, Pengabdian

Abstract

Salah satu pembelajaran yang telah diajarkan sejak usia dini adalah tentang membaca Al-Qur’an yang dimulai dengan adanya pengenalan huruf-huruf hijaiyah. Problematika yang dialami dalam pembelajaran membaca Al-Qur’an ini  terjadi dalam pengucapan huruf-huruf hijaiyah yang juga dapat berpengaruh dalam pengucapan kosakata bahasa Arab. Ashwat merupakan salah satu aspek penting dalam berbahasa Arab. Permasalahan yang terjadi di DTA At-Taufiq tentang rendahnya kualitas ashwat anak dalam berbahasa Arab menjadi perhatian penulis dalam kegiatan pengabdian ini sehingga berinovasi untuk menerapkan metode fun ashwat yang bertujuan untuk meningkatkan kualitas ashwat berbahasa Arab anak-anak di DTA At-Taufiq. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah berbasis pemberdayaan masyarakat dan menggunakan metode kuantitatif  untuk menganalisis data dengan pre test dan post test sebagai teknik pengumpulan data. Berdasarkan hasil analisis data terhadap 24 anak dengan menggunakan Uji-T berpasangan (paired), ditemukan hasil yang signifikan, yaitu nilai thitung(-14,87) tidak berada diantara –ttabel(1,68) dan t tabel(-1,68). Maka  ditolak. Artinya dengan terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar ashwat berbahasa Arab sebelum dan sesudah penerapan metode fun ashwat. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari penerapan metode fun ashwat dalam pembelajaran bahasa Arab, dapat diketahui bahwa kualitas ashwat anak dalam berbahasa Arab mengalami peningkatan.

References

Djaali. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Hamzah. 2011. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Mazidatul. 2020. ‘Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Quran Santri TPQ Al-Mustaqim dengan Bimbingan Fashohatul Lisan’. Jurnal Pengabdian Masyarakat (1).

Putri. 2021. ‘Dampak Pembelajaran dalam Jaringan terhadap Perkembangan Motorik Kasar Anak Usia Dini’.Jurnal Pendidikan(5).

Ridwan, Fajar, Awaluddin. 2019. ‘Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat dalam Pembelajaran Bahasa Arab di RA’. Jurnal Didaktika(13).

Riduwan. 2016. ‘Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat Oleh Perguruan Tinggi’. EKUITAS:Jurnal Ekonomi dan Keuangan(2).

Trianingsih. 2016. ‘Pengantar Praktek Mendidik Anak Usia Sekolah Dasar’. Jurnal Al-Ibtida (3).

Yoni. 2020. ‘Pengaruh Lingkungan Keluarga, Lingkungan Masyarakat Terhadap Prestasi Belajar’. Jurnal Edukasi(8).

Downloads

Published

2021-12-01

How to Cite

Puspita, R. ., & Yuliani, Y. (2021). Penerapan Metode Fun Ashwat Dalam Meningkatkan Kualitas Ashwat Berbahasa Arab Pada Anak Usia Dini. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(18), 110–125. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/153

Issue

Section

Articles