Edukasi Covid-19 dan Bimbingan Belajar pada Masa Pandemi di Kampung Cikopo Desa Cipangramatan

Authors

  • Rahmi Rahmawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dewi Kustanti UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, pendidikan, pengabdian

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena kurangnya pemahaman dan kesadaran tentang bahaya virus Covid-19, pentingnya mematuhi protokol kesehatan, kurangnya efektivitas pembelajaran di sekolah yang dirasakan oleh siswa maupun orang tua selama pandemi. Mitra yang terlibat yaitu, masyarakat di Kampung Cikopo Desa Cipangramatan Kecamatan Cikajang Kabupaten Garut. Metode yang digunakan yaitu metode pengabdian dengan cara analisis lingkungan, perencanaan program dan pelaksanaan program kegiatan. Hasil kegiatan menjunjukan bahwa tingkat kesadaran masyarakat Kampung Cikopo terhadap Covid-19 sangat rendah dan pemahaman pengetahuan yang di dapatkan siswa di sekolah dengan sistem daring dan luring masih rendah karena beberapa peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi sekolah. Setelah diadakannya program edukasi tentang Covid-19, masyarakat mulai mau merubah pola fikir dan pola hidup dalam memandang Covid-19. Masyarakat juga mulai menerapkan protokol kesehatan dalam keseharianya dan mulai mau mengikuti vaksinasi Covid-19 yang diadakan oleh pemerintah. Selain itu sekolah yang berada di kampung Cikopo, desa Cipangramatan telah menerapkan sistem pembelajaran daring dan luring secara berkala. Namun hal tersebut juga menuntut orang tua dan guru dapat berkolaborasi untuk membimbing serta mendampingi anak-anak dalam pelaksanaan pembelajaran. Maka dengan diadakannya program bimbingan belajar kepada siswa melalui rumah edukasi dapat membantu siswa untuk memahami pelajaran di sekolah dan diadakannya seminar pendidikan untuk meningkatkan semangat belajar pada siswa. Dengan demikian, pelaksanaan pengabdian masyarakat berjalan dengan sangat baik dan mendapat dukungan serta apresiasi yang baik dari masyarakat setempat.

References

Anugraha, A. (2020). Hambatan, Solusi dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Scholaeia: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 10, 282–289.

Sari, G. A. (2020). Dampak Sistem Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) Daring Akibat Covid-19 terhadap Siswa. Jurnal IKA: Ikatan Alumni PGSD UNARS, 8, 462–470. https://unars.ac.id/ojs/index.php/pgsdunars/index

Siyoto, S dan Ali Sodik, M. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing.

Damanik, E., Simanjuntak, Y. T., & Wiratma, D. Y. (2020). Pencegahan corona virus disease 19 (covid-19) pada pedagang pasar helvetia kelurahan helvetia tengah. Jurnal Abdimas Mutiara, 1(2), 8-11.

Suharmanto, S. (2020). Perilaku Masyarakat dalam Pencegahan Penularan Covid-19. Jurnal Kedokteran Universitas Lampung, 4(2), 91-96.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Rahmawati, R. ., & Kustanti, D. . (2022). Edukasi Covid-19 dan Bimbingan Belajar pada Masa Pandemi di Kampung Cikopo Desa Cipangramatan . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(62), 128–140. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/997

Issue

Section

Articles