Perkembangan dan Kemampuan Berhitung Siswa SD di Dusun Margasari dengan Media Sempoa

Authors

  • Mohamad Bukhoiro Alwi S UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Anna Firda Lestari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fitria Sari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Restiana Nur Fadila UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Asro UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Perkembangan, Penjumlahan, Berhitung, Sempoa

Abstract

Perkembangan merupakan tahapan-tahapan dalam perubahan secara progresif dan terjadi dalam kehidupan manusia serta organisme lainnya, tanpa membedakan adanya aspek-aspek yang terdapat dalam diri seseorang. Proses perkembangan yang harus dimiliki oleh anak salah satunya yaitu perkembangan kognitif. Perkembangan kognitif yang baik dapat menentukan ketercapaian yang baik juga dengan upaya pengembangan ranah kognitif yang berdampak positif. Selai itu, pendidikan juga salah satu hal yang sangat penting untuk anak. Pendidikan adalah suatu proses perubahan pada pemikiran anak, tingkah laku anak, penambahan ilmu pengetahuan dan sikap agar menjadi lebih dewasa. Metodologi yang digunakan yaitu dengan praktek langsung dengan objek pengamat yaitu anak yang berusia 8-10 tahun. Tujuan penelitian ini yaitu dengan adanya media sempoa ini dapat meningkatkan daya imajinasi anak dalam berpikir. Tidak hanya kemampuan yang berkembang, tetapi juga dalam aspek perkembangan kognitif anak. Anak akan lebih ceria dan aktif lagi jika sudah menggemari sesuatu salah satunya mempelajari matematika dengan media pembelajaran. Untuk hasil penelitian ini, bisa dikatakan berhasil. Karena setelah diberikan pemahaman penggunaan media sempoa ini, anak menjadi lebih aktif belajar, semangat, dan cepat menyelesaikan persoalan – persoalan matematika.

References

Dianto, R., Setiowati, D., & Mukaromah, L. (2018). Penggunaan Sempoa Untuk Meningkatkan Mental Aritmetika Siswa SD pada Pembelajaran Kabataku. Jurnal Equation, 145-152.

Lathifah, S. N. (2020). Hubungan Antara Keterampilan Bermain Tabung Angka Dengan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini. Bandung: UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Rahmi, H., Saputra, J., Desriati, W., & Fatmawati. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Siswa Kelas II Dengan Menggunakan Sempoa Aritmatika Di Sekolah Dasar. Madani : Indonesia Journal Of Civil Society, 50-56.

Sumarno, B. (2001). Sempoa Dalam Perspektif Media Pembelajaran Hitung Aritmatika. Jurnal Ilmiah Guru "COPE", 39-42.

Agoes, D. (2007). Psikologi Perkembangan Remaja.

Bogor Selatan: Ghalia.

Behrman, K., & Arvin. (2000). Ilmu Kesehatan Anak.

Jakarta: EGC. Bobak Dkk.

Chasanah, N. U., & Pradipta, R. F. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Sempoa Geometri pada Kemampuan Berhitung Tunagrahita. Jurnal Ortopedagogia, 12-17.

J.W., S. (2010). Life Span Development: Perkembangan Masa Hidup Jilid I. Jakarta: Erlangga.

Monks, F., & dkk. (2018). Psikologi Perkembangan: Pengantar dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gajah mada University Press.

Olua, E., Setyaningsih, D., & Pabendan, Y. B. (2020). Peningkatan Kemampuan Berhitung Permulaan Melalui Media Sempoa. Jurnal Inovatif Ilmu Pendidikan, 15-22.

Pradana, A. A., & Ummah, J. (2020). Pengaruh Media Sempoa Terhadap Kemampuan Operasi Hitung Pengurangan Siswa Kelas II MI. Premiere, 94- 95.

Rahmah, N. (2013). Hakikat Pendidikan Matematika. al- Khwarizmi, 1-10.

Santrock. (2007). Perkembangan anak jilid 2. Jakarta: Erlangga.

Sari, F., Suhaidi, M., & Febrina, W. (2021). Pelatiham Pembuatan Media Pembelajaran Sempoa Berbasis Informasi Teknologi. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 14-19.

Somantri. (2005). Model Pengembangan Keterampilan Motorik Anak Usia Dini. Jakarta: Depdikbud.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Bukhoiro Alwi S, M. ., Firda Lestari, A. ., Sari, F. ., Nur Fadila, R. ., & Asro. (2022). Perkembangan dan Kemampuan Berhitung Siswa SD di Dusun Margasari dengan Media Sempoa. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(62), 103–114. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/995

Issue

Section

Articles