Program Pendampingan Pembuatan Tong Sampah dan Edukasi Pemeliharaan Kebersihan pada Anak di Lingkungan Palasari RW. 04

Authors

  • Riza Nurfalah Program Studi Sosiologi, Fakultas ilmu Sosial dan Politik, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Z. Mutaqin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kebersihan, Kesehatan, Membuat Tong Sampah, Pendampingan

Abstract

Kebersihan lingkungan sangat berperan penting dalam upaya pemberantasan COVID-19, karena tanpa kebersihan dan kepedulian terhadap lingkungan, pandemi ini tidak akan pernah selesai. Adapun tujuan yang diharapkan dari program kegiatan pengabdian ini yaitu (1) menumbuhkan rasa cinta kebersihan lingkungan sejak dari anak-anak, (2) meningkatkan kesadaran tentang pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan lingkungan, dan (3) membiasakan membuang sampah pada tempatnya. Sehingga terciptanya lingkungan bermain dan belajar untuk anak-anak yang nyaman, bersih,sehat dan asri. Demi tercapainya tujuan itu adapun metode-metode yang dilakukan pada saat pelaksanaan. Tahap pertama pendekatan,tim pengabdi melakukan adaptasi dengan anak-anak , tahap kedua memberikan contoh untuk membuang sampah pada tempatnya, tahap ketiga memberikan pendampingan dan edukasi tim pengabdi memberikan pehaman tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan, serta sebab akibat yang akan terjadi apabila kita tidak menjaga kebersihan lingkungan. Adapun masalah utama di lingkungan ini yaitu kurangnya tempat sampah di jalan umum, sehingga adanya alasan anak-anak tidak membuang sampah pada tempatnya, tahap keempat pelaksanaan karena adanya masalah utama itu tim pengabdi mengajak anak- anak untuk membuat tong sampah untuk diletakan di jalan umum, dan juga mengajak anak-anak untuk gotong royong mengumpulkan sampah sampah yang ada, dan yang terakhir tahap evaluasi untuk mengukur tingkat keberhasilan program kegiatan yang telah dilakukan pada anak-anak di lingkungan Palasari RW 04. Hasil pada program ini menunjukkan bahwa anak-anak di lingkungan Palasari RW 04 sudah mempunyai pemahaman dan tingkah laku yang peduli dengan lingkungan hidup.

References

Ambar Astuti, A.P.,dkk. 2021. Membangun Kesadaran Kebersihan Diri dan Lingkungan Pada Siswa TK & SD Tunas Benih Kasih Surabaya.

Haryo,B.K., Rosa, M.N., & Alfin, E. 2020. Membangun Kesadaran Masyarakat dalam Menata Lingkungan yang Asri, Nyaman dan Sehat. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri). Vol.04 No.1.

Insani, I., Santoso, B.M. 2019. Edukasi Sanitasi Lingkungan dengan Menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Kelompok Usia Prasekolah Di Taman Asuh Anak Muslim Ar-Ridho Tasikamalaya. Prosiding Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat. Vol.6 No.3.

Megawati, A.,Hastuti, D.E., & Mugita Sari, E.D. 2018. Peningkatan Kualitas Kesahatan Anak dengan Mencuci Tangan yang Benar dan Pengenalan Tantang Obat Kepada Anak Usia Dini. Jurnal Pengabdian Kesehatan STIKES Cendekia Utama Kudus. Vol.1 No.1.

Pramita, A.R., Morin, Zakaria. 2019. Pelatihan Pembuatan Tempat Sampah Organik Dan Non Organik Pada Masyarakat Kampung Teluk Dore Distrik Makbon Kabuoaten Sorong Provinsi Papua Barat. Jurnal ABDIMASA Pengabdian Masyarakat. Vol 2 No.2.

Purnama, Iwan., Harahap, Z.S., & Ritonga, A.A. 2020. Rancang Bangun Tempat Sampah Otomatis Pada Universitas Labuhanbatu. Informatika; Fakultas Sains dan teknologi Universitas Labuhanbatu. Vol.01 No.01.

Zukmadini, A.Y., Karyadi, M.N., & Kasrina, K. 2020. Edukasi Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Nurfalah, R. ., & Mutaqin, Z. . (2022). Program Pendampingan Pembuatan Tong Sampah dan Edukasi Pemeliharaan Kebersihan pada Anak di Lingkungan Palasari RW. 04. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(70). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/988

Issue

Section

Articles