Pengaruh Pendidikan Terhadap Kesehatan Mental Anak di Desa Cileles-Jatinangor Pada Masa Pandemi

Authors

  • Narisha Zuhra Namira Program Studi Pendidikan Kimia, Fakultas Pendidikan dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Astri Yuliawati UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kesehatan Mental, Orangtua, Pendidikan, SISDAMAS

Abstract

Orangtua memiliki peran untuk memastikan bahwa anaknya mendapatkan Pendidikan yang memadai sebagai bekal di kehidupan sosialnya kelak. Pendidikan yang diperoleh oleh anak tidak hanya dari suatu Lembaga tertentu karena Pendidikan pertama seorang itu berasal dari Orangtua terutama Ibu. Namun, ketika Orangtua memiliki keterbatasan pengetahuan, akan berdampak terhadap pengetahuan dan pemahaman anak. Hal tersebut memiliki beberapa sebab-akibat, contohnya Orangtua yang sulit untuk mengajarkan pelajaran kepada anaknya dan anak yang lebih menyukai memainkan permainan daripada belajar. Tujuan kegiatan pengabdian ini adalah untuk mengamalkan ilmu kepada masyarakat dan memberi solusi terhadap permasalahan yang terjadi di masyarakat. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian ini yaitu Metode Berbasis Pemberdayaan Masyarakat (SISDAMAS) yang terdiri dari beberapa siklus. Hasil kegiatan pengabdian yang sudah dilakukan, yaitu Orangtua merasa terbantu dengan adanya program sekolah alternatif, mempermudah proses belajar mengajar di Madrasah Diniyah Awaliyah (MDA), serta Ketua RW yang merasa sangat terbantu untuk menyelesaikan beberapa permasalahan yang terjadi di daerahnya.

References

Clinten, Bill. 2020. “Sudah Daftar tapi Belum Terima Kuota Belajar Kemendikbud”,

https://tekno.kompas.com/read/2020/09/24/13 410007/sudah-daftar-tapi-belum-terima- kuota-belajar-kemendikbud-ini- sebabnya?page=all, diakses pada 06 September 2021 pukul 12.15 WIB.

Oebaidillah, Syarief. 2021. “Kesehatan Mental Orangtua dan Anak Selama Pandemi Penting Dijaga”, https://mediaindonesia.com/humaniora/39242 9/kesehatan-mental-orang-tua-dan-anak- selama-pandemi-penting-dijaga, diakses pada 06 September 2021 pukul 12.20 WIB.

Kurnia, Salisa. 2021. “Dampak Pembelajaran Jarak Jauh bagi Orangtua dan Anak”, https://www.pusat2.litbang.kemkes.go.id/202 1/01/30/dampak-pembelajaran-jarak-jauh- bagi-orang-tua-dan-anak/, diakses pada 06 September 2021 pukul 12.39 WIB.

Kanal Pengatahuan FK UGM. 2017. “Peran Keluarga dalam Upaya Tumbuh Kembang Anak”, https://kanalpengetahuan.fk.ugm.ac.id/peran- keluarga-dalam-upaya-tumbuh-kembang- anak/, diakses pada 07 September 2021 pukul 20.10 WIB.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Namira, N. Z. ., & Yuliawati, A. . (2022). Pengaruh Pendidikan Terhadap Kesehatan Mental Anak di Desa Cileles-Jatinangor Pada Masa Pandemi. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(70). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/982

Issue

Section

Articles