Pembinaan Kegiatan Belajar Mengajar di Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Al-Ikhlas Desa Nagreg Kendan

Authors

  • Alka Fajari UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Bessarany Salsabila UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Hildan Sohibul Fajri UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Uruban Atroba Mubarok UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Pina Pitriana UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pendidikan, Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Al-Ikhlas, RPP, KBM

Abstract

Nagreg kendan merupakan salah satu nama desa yang ada di wilayah Kabupaten Bandung. Di desa tersebut sangat menfokuskan terkait pendidikan, baik pendidikan formal maupun informal. Pendidikan formal dan non formal merupakan bagian sistem pendidikan di Indonesia. Menurut Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional Tahun 1989, pendidikan merupakan kegiatan dalam bentuk bimbingan, latihan, dan pengajaran. Berbicara mengenai pendidikan formal dan informal, yang termasuk pendidikan formal yang ada di Desa Kendan yaitu Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas dan untuk Pendidikan Informal yang ada di Desa Kendan yaitu Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Al-Ikhlas. Di dalam pendidikan pun harus memiliki RPP (Rancangan Pelaksanaan Pembelajaran) supaya lebih tertata dalam proses kegiatan belajar mengajarnya.

References

Krisnawati, Yulia. & Swarsih, Madya. 2004. Jurnal Penelitian dan Evaluasi: Pengelolaan Pembelajaran Bahasa Indonesia dengan Menggunakan Metode Kontekstual di SLTP Negeri 25 Surabaya. Yogyakarta: PPS UNY.

Mardapi, Djemari. (2004). Implementasi Kurukulum Berbasis Kompetensi. Bandar Lampung: HEP

Azhari. 2013. Peningkatan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematik Siswa melalui

Pendekatan Konstruktivisme di Kelas VII Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 B anyuasin III. Jurnal Pendidikan Matematika Volume 7 No. 2 Juli 2013.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Fajari, A. ., Salsabila, B. ., Sohibul Fajri, H. ., Atroba Mubarok, U. ., & Pitriana, P. . (2022). Pembinaan Kegiatan Belajar Mengajar di Yayasan Pendidikan Al-Qur’an Al-Ikhlas Desa Nagreg Kendan . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(62), 31–37. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/977

Issue

Section

Articles