Pendampingan Pembelajaran Jarak Jauh selama Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Motivasi pada Anak-Anak Desa Muktiwari

Authors

  • Agna Ma’rifahesa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fitria Nur Annisa UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Fitriani Ramadhia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Lulu Hanifah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Saifudin Nur UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

COVID-19, Pandemi, PJJ, Motivasi

Abstract

Pada penelitian ini mengkaji motivasi belajar siswa selama masa pandemi dalam proses Pembelajar Jarak Jauh (PJJ). Pada proses belajar dan mengajar tentunya motivasi sangat dibutuhkan karena pada dasarnya motivasi belajar timbul dari diri sendiri sebagai faktor dalam maupun faktor luar. Dari kedua faktor yang telah disebutkan memang sangat penting untuk meningkatkan motivasi siswa. Pada pendemi COVID-19 banyak beberapa kegiatan yang dilaksakan di rumah atau jarak jauh seperti yang terjadi pada dunia pendidikan, sehingga banyak dari siswa yang mengalami penurunan motivasi saat belajar. Adapun faktor yang menyebabkan menurunnya motivasi antara lain : akses internet, media pembelajaran, dan kemampuan dalam penggunaan teknologi. Laporan pengabdian ini bertujuan untuk mengetahui apa saja kesulitan yang dialami oleh anak-anak di wilayah RT 01 dan 02 Desa Muktiwari, dan memberikan pendampingan belajar online serta meningkatkan motivasi belajar anak-anak di wilayah RT 01 dan 02 Desa Muktiwari. Adapun metode yang dilakukan dalam penelitian pengabdian ini  dengan menganalisis kegiatan program kerja bimbingan belajar. Jadi dapat ditarik kesimpulan bahwa saat pembelajaran jarak jauh mengalami penurunan motivasi belajar siswa.

References

Fiteriani, I. (2015). Membudayakan Iklim Semangat Belajar Pada Siswa Sekolah Dasar. TERAMPIL; Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, 2(1), 115-25.

Kemendikbud. (2020). Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran (Covid-19). Jakarta: Surat Edaran Sekretaris Jendral No. 15 .

Laras, S. A., & Rifai, A. (2019). PENGARUH MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK DI BBPLK SEMARANG. Jurnal Jurusan Pendidikan Nonformal FIP, 124.

Selfia S. Rumbewas, B. M. (2018). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SD Negeri Saribi. Jurnal EduMatSains, 2(2).

Slameto. (2018). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sukiyasa, K., & Sukoco. (2013). PENGARUH MEDIA ANIMASI TERHADAP HASIL BELAJAR DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA MATERI SISTEM KELISTRIKAN OTOMOTIF. Jurnal Pendidikan Vokasi, 127.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Ma’rifahesa, A. ., Nur Annisa, F. ., Ramadhia, F. ., Hanifah , L. ., & Nur, S. . (2022). Pendampingan Pembelajaran Jarak Jauh selama Pandemi Covid-19 untuk Meningkatkan Motivasi pada Anak-Anak Desa Muktiwari. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(62), 21–30. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/975

Issue

Section

Articles