Efektivitas Penggunaan Flash Cards dalam Meningkatkan Bank Kosa Kata Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar

Authors

  • Ersa Nur Oktaviani UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • R. Edi Komarudin UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Kosa kata, Belajar, Bahasa Inggris, Flash cards

Abstract

Dalam kehidupan sehari-hari bahasa sangat berperan penting. Hal ini dikarenakan kemampuan berbahasa merupakan hal mendasar bagi semua orang dalam berkomunikasi. Dengan ini mereka dapat mengekspresikan dirinya sendiri mulai dari pendapat, keinginan, perasaan, dan kebutuhan lainnya. Salah satu bahasa yang harus dipelajari adalah bahasa Inggris. Sebagaimana kita bersama bahwa bahasa Inggris merupakan Bahasa Internasional. Kosa kata merupakan hal penting dalam pengembangan kemampuan berbahasa Inggris. Berdasarkan pengamatan penulis para siswa memiliki penguasaan kosa kata yang terhitung rendah. Untuk mengatasi masalah ini pemilihan metode mengajar sangat penting, salah satu metode yang dapat digunakan yaitu flash cards. Penilitian ini dilakukan untuk mengenalkan metode flash cards  bagi siswa dan meningkatkan jumlah kosa kata yang mereka kuasai. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian action research. Adapun hasil penelitian ini adalah guru harus memilih media yang tepat dalam mengajarkan kosa kata, salah satunya dengan flash cards.

References

Muhibbin, S. (2009). Psikologi Belajar, Rajawali Press, Jakarta.

Muhibbinsyah. (2010). Psikologi Pendidikan. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Siregar, E., & Nara, H. (2014). Teori Belajar dan Pembelajaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Darsiana. (2018). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Melalui Metode Demontrasi Siswa Kelas III SD Negeri 157 PekanBaru. Jurnal

Schmitt, Nobert and Mc. Carthly, Michael. (1997). Vocabulary : Description, Acquisition and Pedagogy. Cambridge : Cambridge University Press.

Gerngross, Gunter and Puchta, Herbert (2009). Playway to English Level 3 Teachers Book, Book 2. Cambridge : Cambridge University.

Burns C, Paul and Betty L, Broman (1975). The Language Arts in Childhood Education. Chicago : Ran Mc Nally Collage Publishing Company.

Harmer, J. (1991). The Practice of Language Teaching. Cambridge : Longman.

Cross, D. (1991). A Practical Handbook of Language Teaching. London: Cassel.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Nur Oktaviani, E. ., & R. Edi Komarudin. (2022). Efektivitas Penggunaan Flash Cards dalam Meningkatkan Bank Kosa Kata Bahasa Inggris pada Siswa Sekolah Dasar. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(62), 12–20. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/973

Issue

Section

Articles