Penerapan Metode STIFIN dalam Menghadapi Fenomena Mendadak Mendidik Akibat Pandemi COVID-19

Authors

  • Asyya Azzahra Albadri Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Aliffa Syifa Islamia Program Studi Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Latifah Puspaningrum Program Studi Pendidikan Bahasa Arab, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Nadira Ainindita Nafasya Program Studi Jurnalistik, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Ridwan Rustandi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Covid-19, Fenomena Mendadak Mendidik, Metode STIFIN

Abstract

Fenomena mendadak mendidik bagi para pasangan muda yang tidak hanya harus bekerja secara WFH namun juga harus mendampingi anak sekolah secara SFH seringkali memunculkan keresahan mengenai bagaimana cara mendampingi dan mendidik dengan baik agar mental anak tetap sehat dan tetap termotivasi untuk terus belajar online dengan giat. Metode yang digunakan dalam pelaksanaan kegiatan pengabdian ini adalah dengan pengadaan webinar setingkat Kecamatan terkait metode STIFIN dan tips pendampingan belajar anak sesuai dengan karakter STIFIN masing-masing. Hasil dari pengabdian ini dapat dilihat dari pembahasan yang ternyata disambut dengan antusias tidak hanya dari pasangan muda di daerah pengabdian namun juga dari pihak pemerintahan setempat yang turut menghadiri kegiatan, yakni Ketua Camat Rancasari.

References

Asbari, M., Nurhayati, W., & Purwanto, A. (2019). Pengaruh Parenting Style dan Personality Genetic terhadap Pengembangan Karakter Anak di PAUD Islamic School. Jurnal Ilmiah Kajian Ilmu Anak dan Media Informasi PAUD. 4(2). 148-163.

Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah. Jurnal Golden Age, Universitas Hamzanwadi. 4(1). 152-159.

Fadillah, A. 2013. Stres dan Motivasi Belajar Pada Mahasiswa Psikologi Universitas Mulawarman yang sedang Menyusun Skripsi. Psikoborneo. 1(3). 148-156.

Handayani, D., dkk (2020). Penyakit Virus Corona 2019. Jurnal Respirologi Indonesia. 4(2). 119-129.

Misbach, I. H. (2010). Dahsyatnya Sidik Jari Menguak Bakat dan Potensi untuk Merancang Masa Depan Melalui Fingerprint Analysis. Jakarta: Visi Media.

Muhtar, F. (2021, September 9). Pendidikan di Masa Pandemi Harus Mengutamakan Kesehatan dan Psikologis Anak. beritamanado.com. https://beritamanado.com/pendidikan-di-masa-pandemi-harus-mengutamakan-kesehatan-dan-psikologis-anak/

Musrofi. (2011). Potensi Preneur. Surakarta: Talents Center.

Nurmaluloh, A. (2021, Agustus 22). Tips Mendampingi Pembelajaran Anak di Masa Pandemi. [Paper presentation]. KKN-DR SISDAMAS 2021 Kelompok 47 UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Indonesia.

Putri, M. (2021, August 27). Motivation at The Workplace. [Paper presentation]. Faculty of Psychology UIN Sunan Gunung Djati, Bandung, Indonesia.

Wardani, A., & Ayriza, Y. (2021). Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini. 5(1). 772-782.

Downloads

Published

2022-02-27

How to Cite

Albadri, A. A., Islamia, A. S. ., Puspaningrum, L., Nafasya, N. A., & Rustandi, R. (2022). Penerapan Metode STIFIN dalam Menghadapi Fenomena Mendadak Mendidik Akibat Pandemi COVID-19 . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(70). Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/966

Issue

Section

Articles