Strategi Pemasaran Online Bagi Pelaku UMKM Kp. Karangmanggung Desa Paasanggrahan

Authors

  • najma asyifa fauziah UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Strategi Pemasaran Online, UMKM, Digitalisasi UMKM, Karangmanggung, E-commerce, Marketplace

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk merancang dan menerapkan strategi pemasaran online pada pelaku usaha UMKM yang terdapat di Karangmanggung, Desa Pasanggrahan. Berdasarkan analisis SWOT dan survey terhadap pelaku UMKM, menunjukkan bahwa sebagian besar pelaku UMKM yang terdapat di Karangmanggung Desa Pasanggrahan mengalami kendala utama dalam proses pemasaran terutama pemasaran secara online. Kendala utama ini meliputi kurangnya pengetahuan mengenai platform digital, sulitnya jaringan sinyal, kesulitan dalam mengelola media sosial, dan periklanan digital. Berdasarkan hasil analisis, diusunlah startegi pemasaran online yang terintegrasi, meliputi pembuatan akun Instagram, pendaftaran akun shopee, dan periklanan digital. Implementasi strategi ini diharapkan dapat meningkatkan visibilitas produk, memperluas jangkauan pasar, dan pada akhirnya meningkatkan pendapatan pelaku UMKM.Kata Kunci: Strategi Pemasaran Online, UMKM, Karangmanggung

References

Fadhillah, P. (2023) Pemberdayaan UMKM: Melihat Peluang Bisnis UMKM di Era Digital di Desa Ujunge Kecamatan Tanasitolo Kabupaten Wajo. Jurnal Pengabdian Masyarakat dan Riset Pendidikan. 2(1) 291-298

Kotler, Philip and Gary Amstrong. 2001. PrinsipPrinsip Pemasaran, Jilid 2, Edisi ke-8. Erlangga. Jakarta

Rowley, Jennifer. (2004). Online branding: the case of McDonald’s. British Food Journal 106 (3): 228-237.

Sofyan, S. (2017) Peran Umkm (Usaha Mikro, Kecil, Dan Menengah) Dalam Perekonomian Indonesia. Bilancia. 11(1)

Soegiarto, B. (2018). Tantangan UMKM dalam Menghadapi Era Digital. Jurnal Manajemen Pemasaran, 12(2), 45-58.

https://kadin.id/data-dan-statistik/umkm-indonesia/ (Diakses pada 24 September 2024 Pukul 14.05)

https://www.djkn.kemenkeu.go.id/artikel/baca/15814/Memanfaatkan-E-Commerce-Dengan-Benar.html (Diakses pada 24 September 2024 Pukul 14.23)

Downloads

Published

2024-12-08

How to Cite

fauziah, najma asyifa. (2024). Strategi Pemasaran Online Bagi Pelaku UMKM Kp. Karangmanggung Desa Paasanggrahan. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 5(4), 1–9. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/5719

Issue

Section

Articles