Pembelajaran Ilmu Tajwid Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Anak Anak RW 10 Desa Panyadap
Keywords:
Pembelajaran, Ilmu Tajwid, Membaca, Al-Qur'anAbstract
Membaca Al-Qur'an merupakan amalan yang sangat istimewa dan mulia. Al-Qur'an tidak semestinya dibaca secara sembarangan. ada aturan yang mengatur tentang tatacara membaca Al-Qur’an yang telah dijelaskan dalam ilmu tajwid. Penggunaan ilmu tajwid dalam membaca Al-Qur’an menjadi syarat utama agar bacaan Al-Qur’an menjadi tepat, fashih dan benar. Program ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur'an pada anak-anak melalui pembelajaran ilmu tajwid yang dilaksanakan di Desa Panyadap tepatnya di Rt 01/Rw 10 Mesjid Al-Bayyinah dengan melibatkan 30 anak berusia 7-15 tahun. Metode pembelajaran yang digunakan yaitu metode Tahsinul Qur’an. Dengan metode Tahsin ini kami Mahasiswa KKN membacakan Al-Qur’an dengan tartil dan menjelaskan hukum bacaan yang terkandung dalam ayat yang telah dilantunkan. Berdasarkan hasil kegiatan menunjukkan peningkatan yang signifikan pada kemampuan membaca Al-Qur'an anak-anak, terutama dalam hal pelafalan huruf, panjang pendek bacaan, dan tanda baca pada Al-Qur’an. Hal ini menunjukkan bahwa pembelajaran ilmu tajwid yang kreatif dan menyenangkan dapat memotivasi anak-anak untuk belajar Al-Qur'an.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jabal Syukur Jabal, Abdulloh Jalaluddin Syah Abdul, Dewi Kania Dewi, Mutiara 'Aini Mutiara
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.