Persepsi Masyarakat Terhadap Masa Depan Anak Pada Lembaga Nonformal (Dokumentasi Pendidikan Nonformal di Kp. Rancakemit RT 04 RW 12 Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung)
Keywords:
Penelitian, Pendidikan non Formal, siswa, pengabdianAbstract
Penelitian ini mengkaji persepsi masyarakat terhadap masa depan anak yang mendapatkan pendidikan di lembaga non-formal di Kp. Rancakemit, Kecamatan Solokanjeruk, Kabupaten Bandung. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya apresiasi masyarakat terhadap peran lembaga non-formal seperti Kober, PAUD, dan TPA dalam perkembangan anak. Melalui metode pengabdian masyarakat yang diterapkan oleh Kelompok KKN 100 Sisdamas, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan non-formal. Kegiatan ini mencakup seminar, penyuluhan, serta kelas orang tua yang dirancang untuk memberdayakan lembaga pendidikan non-formal serta memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang manfaat pendidikan non-formal sebagai pelengkap pendidikan formal. Data yang dikumpulkan menunjukkan peningkatan signifikan dalam persepsi masyarakat setelah kegiatan berlangsung, dengan hasil survei yang menunjukkan peningkatan pandangan positif masyarakat hingga 50%. Kegiatan ini tidak hanya membuktikan bahwa pendidikan non-formal mampu membekali anak-anak dengan keterampilan hidup dan pembentukan karakter, tetapi juga berhasil mengubah pandangan orang tua dan masyarakat umum mengenai pentingnya pendidikan non-formal sebagai investasi untuk masa depan yang lebih baik. Kesimpulan akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa metode pengabdian masyarakat yang komprehensif dapat memberikan dampak signifikan dalam meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap peran penting pendidikan non-formal dalam mendukung perkembangan anak dan mempersiapkan generasi yang lebih siap menghadapi tantangan masa depan.
References
Adon, Mathias Jebaru, Gaspar Triono Jeraman, and Yusep Andrianto. 2023. “Kontribusi Teori Kemiskinan Sebagai Deprivasi Kapabilitas Dari Amartya Sen Dalam Upaya Pemberdayaan Masyarakat Miskin.” Masyarakat Madani: Jurnal Kajian Islam Dan Pengembangan Masyarakat 8 (1): 1–20.
Amruddin, M Pd, Rini Werdiningsih, S Si Lusiana, I Nyoman Tri Sutaguna, S S T Par, M Par, Henny Saida Flora, S H Kasmanto Rinaldi, Najamuddin Petta Solong, and Tri Wahyu Widodo. 2022. Pendekatan Sosiologi Dan Antropologi Dalam Pendidikan. Cendikia Mulia Mandiri.
Astriya, Baiq Roni Indira. 2022. “Implementasi Pendidikan Karakter (Character Education) Melalui Konsep Teori Thomas Lickona Di Paud Sekarwangi Wanasaba.” JEA (Jurnal Edukasi AUD) 8 (2): 227–44.
Bjørnerås, Anita Blakstad, Eli Langørgen, Aud Elisabeth Witsø, Lisbeth Kvam, Clodagh Nolan, Ann-Elen Leithaug, and Sissel Horghagen. 2024. “Processes Empowering Disabled Students in the Co-Production of Inclusive Higher Education.” Social Sciences 13 (7): 345.
Budiwan, Jauhan. 2018. “Pendidikan Orang Dewasa (Andragogy).” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 10 (02).
Cahyono, Dedi Dwi, Muhammad Khusnul Hamda, and Eka Danik Prahastiwi. 2022. “Pimikiran Abraham Maslow Tentang Motivasi Dalam Belajar.” TAJDID: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 6 (1): 37–48.
Festiawan, Rifqi. 2020. “Belajar Dan Pendekatan Pembelajaran.” Universitas Jenderal Soedirman, 1–17.
Hairani, Esi. 2018. “Pembelajaran Sepanjang Hayat Menuju Masyarakat Berpengetahuan.” Tajdid: Jurnal Pemikiran Keislaman Dan Kemanusiaan 2 (1): 355–77.
Haitami, Moh. 2016. “Penguatan Pendidikan Islam Informal Dan Non Formal.” Pontianak: Bulan Sabit Press.
Indonesia, Presiden Republik. 2003. “Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.” Jakarta: Kementrian Riset, Teknologi, Dan Pendidikan Tinggi.
Kusumawati, Intan, Nana Citrawati Lestari, Chintani Sihombing, Felisia Purnawanti, Dian Wahyu P Soemarsono, La Kamadi, Ricardo Valentino Latuheru, and Suriah Hanafi. 2023. Pengantar Pendidikan. CV Rey Media Grafika.
Nicolas, Djone Georges, Timothy Amien Rk, Soneta Sang Surya Siahaan, Iwan Ramadhan, and Lilik Huriyah. 2023. “Implementasi Metode Pembelajaran Experiential Learning Untuk Meningkatkan Akademik Santri Sma Pondok Pesantren.” At-Ta’dib 18 (2): 113–36.
Noviani, Dwi, Hilmin Hilmin, Elhefni Elhefni, and Mustafiyanti Mustafiyanti. 2023. “Model Kebijakan Pemerintah Desa Dalam Penguatan Pendidikan Non Formal Keagamaan Untuk Pemberdayaan Masyarakat.” IHSANIKA: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1 (3): 21–35.
Nurhayati, Sri, and Sidik Eli Lahagu. 2024. Pendidikan Sepanjang Hayat. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Nurnafi, Istiqomah. 2023. “STRATEGI PENGEMBANGAN PROGRAM PAUD BERDAYA SAING DALAM BUKU MANAJEMEN PAUD BERDAYA SAING KARYA NOVAN ARDY WIYANI.” UIN Prof. KH Saifuddin Zuhri.
Ritonga, Sahbuki. 2021. “Pengaruh Pendidikan Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Masyarakat Dusun Firdaus Kecamatan Bilah Hulu Kabupaten Labuhanbatu.” Tarbiyah Bil Qalam: Jurnal Pendidikan Agama Dan Sains 5 (1).
Valeza, Alsi Rizka. 2017. “Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Prestasi Anak Di Perum Tanjung Raya Permai Kelurahan Pematang Wangi Kecamatan Tanjung Senang Bandar Lampung.” UIN Raden Intan Lampung.
Yatimah, Durotul, M Syarif Sumantri, Ahmad Fansuri, and Adman Adman. 2024. PENDIDIKAN LUAR SEKOLAH (TANTANGAN DAN SOLUSINYA). Bayfa Cendekia Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Julia Inayah, Abdurrafi Muhamad Zainuri, Talita Rahmawati, Mohamad Dulkiah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.