Pemberdayaan Anak-Anak Sdn Karya Bhakti Melalui Sabtu Bersih dalam Penginisiasian Kebersihan Saluran Air di Dusun Karang Sambung

Penulis

  • Muhammad Hudan Hanif UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhamad Luthfi Aditya UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Husni Affan Alamsyah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • E. Roni A. Nurkiman UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Kata Kunci:

Kebersihan, Lingkungan, Kesadaran Masyarakat, Sekolah Dasar, Program, Pengabdian

Abstrak

Isu kebersihan kerap selaras dengan kurangnya kepekaan masyarakat terhadap lingkungannya. Sikap flegma masyarakat pada tempat yang mereka hidupi membuat punahnya atensi serta kemerosotan daya kritis, tidak hanya terjadi pada generasi mereka sendiri, melainkan kepada generasi selanjutnya. Kemunduran gaya hidup ini menjadi bumerang bagi banyak elemen kehidupan. Lingkungan yang lama kelamaan jauh dari kata penghijauan menjadi bencana besar bila dibiarkan begitu saja. Saluran air yang menghitam dan ditetasi puluhan ribu telur nyamuk di setiap harinya menjadi bukti nyata atas lepasnya atensi masyarakat terhadap selokan di dusun Karang Sambung.

Di tengah lingkungan dusun yang menjadi penghubung dua kecamatan tersebut, bercokol satu dan satu-satunya sekolah dasar. Bermula dari rasa khawatir yang melahirkan sebuah ide satire untuk membangun kesadaran masyarakat melalui pergerakan anak-anak. Metode yang digunakan adalah dengan memberdayakan seluruh elemen SDN Karya Bhakti dalam menggiati kerja bakti yang dilakukan setiap hari sabtu untuk membersihkan lingkungan dusun. Program yang lantas diakronimkan menjadi Sabsih ini berhasil menggugah warga untuk turut ikut serta pada minggu ketiga pelaksanaan secara bersambung.

Referensi

Farin, Syifa Evania. “Penumpukan Sampah Plastik Yang Sulit Terurai Berperngaruh Pada Lingkungan Hidup Yang Akan Datang.” OSF Preprint, 2021, 1–10.

Irmawati. “Pemberdayaan Masyarakat Melalui Program Pelatihan Diversifikasi Produk Olahan Jagung Di Desa Tanah Toa Kecamatan Kajang Kabupaten Bulukumba.” Jurnal Publiciana, 2018, 16.

Mulasari, Surahma Asti. “Keberadaan Tps Legal Dan Tps Ilegal Di Kecamatan Godean Kabupaten Sleman.” Jurnal Kesehatan Masyarakat 9, no. 2 (2014): 122–30.

Sumahiradewi, Luh Gede, Baiq Pitria Ningsih, Edwin Saputra, Rahmat Sudiar, I Gede Wira Kusuma Artha, M. Rauhul Hidayat, Musa Eka Yudi Septian, et al. “Sosialisasi Kebersihan Lingkungan Dan Pembuatan Tempat Sampah Dari Ban Bekas.” SELAPARANG Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan 5, no. 1 (2021): 126. https://doi.org/10.31764/jpmb.v5i1.6422.

Toni, Ferisal, Wijaya Pahabol, Mahendra Setya Nugraha, and Ibnu Qoironi. “Program Tata Kelola Area Saluran Air Padukuhan Nglaren Menuju Bantul Zero Waste 2025” 1, no. 4 (2022): 155–60.

Zubaedi. Wacana Pembangunan Alternatif: Ragam Perspektif Pengembangan Dan Pemberdayaan Masyarakat. Ar-Ruzz Media, 2015. https://books.google.co.id/books?id=UMZELQAACAAJ.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Hanif, M. H., Aditya, M. L. ., Alamsyah, H. A., & Nurkiman, E. R. A. (2024). Pemberdayaan Anak-Anak Sdn Karya Bhakti Melalui Sabtu Bersih dalam Penginisiasian Kebersihan Saluran Air di Dusun Karang Sambung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 3(8), 639–649. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/3323

Terbitan

Bagian

Articles