Tantangan dan Peluang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan KKN : Studi Kasus dalam Dimensi Sosial

Penulis

  • Diva C Adzra Adibah
  • Ismail Nurhapid Jamal
  • Ikbal Supriatna

Kata Kunci:

Pemberdayaan, Masyarakat, Desa

Abstrak

Pemberdayaan masyarakat adalah konsep yang merangkum nilai-nilai masyarakat untuk membangun paradigma baru yang bersifat people-centered, participatory. Selama proses pengabdian kepada masyarakat tim KKN-DR Sisdamas kelompok 78 berusaha untuk mengimplementasikan ilmu yang telah dipelajari di ranah perkuliahan dengan memanfaatkan program KKN yang dilaksanakan di Desa Pasirhuni Kecamatan Cimaung Kabupaten Bandung. Dalam kerangka ini formula yang digunakan dalam upaya untuk memberdayakan masyarakat (empowering) dapat dikaji dari 3 (tiga) aspek : Pertama, ENABLING yaitu menciptakan suasana yang memungkinkan potensi masyarakat dapat berkembang. Kedua, EMPOWERING yaitu memperkuat potensi yang dimiliki masyarakat melalui langkah-langkah nyata yang menyangkut penyediaan berbagai input dan pembukaan dalam berbagai peluang yang akan membuat masyarakat semakin berdaya. Ketiga, PROTECTING yaitu melindungi dan membela kepentingan masyarakat. Pendekatan pemberdayaan pada intinya memberikan tekanan pada otonomi pengambilan keputusan dari kelompok masyarakat yang berlandaskan pada sumberdaya pribadi, langsung, demokratis dan pembelajaran sosial. Memberdayakan masyarakat adalah upaya untuk meningkatkan harkat dan martabat lapisan masyarakat bawah (grass root) yang dengan segala keterbatasannya belum mampu mandiri sehingga pemberdayaan masyarakat tidak hanya penguatan individu tetapi juga pranata-pranata sosial yang ada. Mengoptimalkan potensi dari rutinitas yang ada serta menanamkan nilai-nilai budaya modern seperti kerja keras, hemat, keterbukaan, tanggung jawab adalah bagian penting dalam upaya pemberdayaan.

Kata Kunci: pemberdayaan, masyarakat, desa.

Referensi

Bayu, Habril Okta. Implementasi Program Pemberdayaan Anak yatim Berbasis Dana zakat, Infaq, dan Shadaqah Pada Rumah anak Yatim Yogyakarta. Skripsi, 18-19. Yogyakarta : Universitas Islam Indonesia.

Gitiyarko, V. (2021). Pendidikan ala Ki Hadjar Dewantara: Pendidikan yang Memerdekakan. Kompas Pedia.

Jawahir, Muhammad & Uyuni, Badrah. 2019. ‘Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Masjid’. Jurnal Spektra, 36-37. Bekasi : Universitas Islam Asy Syafi’iyah Indonesia.

Qodim, Husnul. 2021. Petunjuk Teknis Kuliah Kerja Nyata Dari Rumah. LP2M. Buku Juknis, 20-40. Bandung : UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Adzra Adibah, D. C. ., Nurhapid Jamal, I. ., & Supriatna, I. . (2024). Tantangan dan Peluang Pemberdayaan Masyarakat Melalui Kegiatan KKN : Studi Kasus dalam Dimensi Sosial. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(7), 274–285. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2528

Terbitan

Bagian

Articles