Sosialisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Tausiyah Di Majelis Ta’lim At-Taqwa

Penulis

  • Ziyad Saevwa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Intan Chairunissa Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati
  • Novita Safitri Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

Agama, Masyarakat, Sosialisasi, Moderasi Agama.

Abstrak

Beragama adalah aspek penting dalam kehidupan sehari-hari apalagi di lingkungan masyarakat. Agama bertujuan untuk mengatur arah kehidupan manusia. Implementasi moderasi beragama saat ini harus menjadi pembiasaan yang patut di junjung tinggi. Tujuan diadakannya sosialisasi moderasi beragama ini adalah sebagai jalan untuk membuka kesadaran masyarakat agar dapat menghadirkan sikap toleransi, saling menghargai serta mengakui keberadaan golongan lain dan tidak terbawa arus dinamika kehidupan masyarakat pada umumnya. Kegiatan dilakukan dengan mengadakan majlis ta'lim yang di hadiri oleh penduduk setempat serta beberapa tokoh masyarakat. Hasil penelitian diketahui bahwa moderasi beragama di Kampung Cipeucang cukup baik. Dikatakan demikian, dibuktikan pada prilaku atau sikap mereka antara satu dengan yang lainnya di kehidupan sehari-hari. Kehidupan masyarakat disana rukun, saling menghormati satu sama lain, memiliki antusiasme dalam bekerjasama demi kesejahteraan bersama, tidak berpandangan ekstrim serta setia pada nilai-nilai kebangsaan.

Referensi

Ahmad, F. (2021). Islam Moderate In Indonesia. Al-Risalah: Jurnal Studi Agama Dan Pemikiran Islam, 12(1), 107-118.

Ash-Shallabi, A. M. (2007). Wasathiyah Dalam Al-Quran (Nilai-nilai Moderasi Islam Dalam Akidah, Syariat, dan Akhlak). Jakarta: Pustaka Al-kautsar.

Fattah, A. (2020). Tafsir Tematik Islam Moderat Perspektif Al-Quran. MAGHZA: Jurnal Ilmu Al-Quran dan Tafsir, 5(2), 156-172.

Zuhri, M. F. (2021). Penerapan Moderasi Beragama DI Masyarakat Desa Baru Kecamatan Batang Kuis. Ulumuddin: Jurnal Ilmu-ilmu Keislaman, 11(2), 193-210.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Saevwa, Z., Chairunissa, . I. ., & Safitri, N. (2024). Sosialisasi Nilai-Nilai Moderasi Beragama Melalui Kegiatan Tausiyah Di Majelis Ta’lim At-Taqwa. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(4), 53–62. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2461

Terbitan

Bagian

Articles