29 PEMBUATAN VIDEO PROFIL SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI DALAM MENUNJANG EKSISTENSI DESA CIKADU

Authors

  • Anisa Rahma UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Keywords:

Kata Kunci: Video Profil, Promosi, Desa, Teknologi dan Media.

Abstract

Video Profil merupakan salah satu media informasi dalam bentuk visual bergerak yang mencakup gambaran suatu instansi secara singkat dan jelas. Desa Cikadu adalah salah satu instansi pemerintahan yang belum memiliki video profil sebagai media informasi kepada warga maupun masyarakat luas dan untuk dokumentasi desa. Adapun masalahnya adalah kurangnya sumber daya manusia dan bagaimana cara membuat video profil yang mampu menarik perhatian masyarakat dan menampung semua informasi desa dengan menggunakan teknologi saat ini. Tujuan dari pengabdian ini adalah agar Desa Cikadu memiliki video profil desa yang digunakan sebagai media informasi dan promosi dalam menunjang eksistensi desa serta untuk melengkapi dokumentasi Desa Cikadu. Metode penelitian yang digunakan adalah observasi, wawancara, studi pustaka, analisis dan perancangan company profile, pengambilan gambar, editing dan implementasi. Hasil dari pengabdian ini bagi kami diharapkan dapat memperoleh pengetahuan dan pengalaman tentang proses pembuatan video profil yang baik, bagi desa sendiri dapat digunakan sebagai bahan dokumentasi dan promosi desa.

References

Azhar Arsyad. 2011. Media Pembelajaran. Jakarta.

Haryoko, T. 2012. “Pembuatan Video Company Profile Rumah Sakit Amal Sehat Wonogiri.”

M. Suyanto. 2003. Multimedia Untuk Meningkatkan Keunggulan Bersaing. Yogyakarta.

Sunarya, L., Kusumaninggar, R., & Syahputra, A. 2017. “Perancangan Media Promosi Video Profile Pada SMA Negeri 15 Kota Tangerang.” Jurnal Eksplora Informatika 6(2): 106–14.

vaughan, R. 2005. “Multimedia: What It Is and What It Can Do for Our Students.” http://jaltcall.org/cjo/5_00/vaughan. html.

Watulinga, A. O., Ugiarto, M., & Cahyono, B.2017. “Pembuatan Media Video Profil Pada Perusahaan Amplang Sebagai Media Pengenalan Produk.” Jurnal Rekayasa Teknologi Informasi (JURTI) 1(1): 48–52.

Downloads

Published

2024-02-23

How to Cite

Rahma, A. (2024). 29 PEMBUATAN VIDEO PROFIL SEBAGAI MEDIA INFORMASI DAN PROMOSI DALAM MENUNJANG EKSISTENSI DESA CIKADU. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(8), 266–279. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2189

Issue

Section

Articles