40. Sosialisasi Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM INTIP

Penulis

  • Ayu Natasya Azahra Uin Sgd Bandung
  • Rifan Nur Rohmatulloh UIN Sunan Gunung Djati
  • Shabrina Fatimah Amini UIN Sunan Gunung Djati

Kata Kunci:

Digital Marketing, UMKM, Ekonomi

Abstrak

Kehidupan masyarakat pada zaman saat ini tidak dapat dipisahkan dengan Usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) telah berkontribusi terhadap perekonomian dunia sebesar 90% (Alshanty & Emeagwali, 2019). UMKM juga dipandang telah berkontribusi sebesar 99,99% terhadap perekonomian Indonesia (Kurniawatiet al., 2020). Kegiatan pengabdian kepada masyarakatyang dilaksanakan dengan kegiatan sosialisasi yaitu dengan judul “Sosialisasi Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM INTIP”. Dilaksanakan di UMKM Intip Dua Putri Dalima yang berada di desa Sukamaju Dusun Lebak Jaya RT.10 RW.03. Kegiatan ini diikuti oleh semua mahasiswaKKN Uin Sunan Gunung Djati Bandung Kelompok 181. Kelompok KKN 181 UIN Sunan Gunung DjatiBandung telah melakukan sosialisasi mengenai penerapan digital marketing sebagai strategi pemasaranpada UMKM Intip Dua Putri "Dalima". Diharapkansosialisasi ini dapat membantu UMKM dalam pemasaran digital sehingga dapat memperoleh hasilyang memuaskan dalam produksinya. Anggotakelompok KKN 181 sebagai pelaksana mendapatkan banyak pelajaran dan pengetahuan baru dari kegiatan ini, serta menambah banyak pengalaman berharga bagi kami selaku mahasiswa yang akan terus belajarmengenai UMKM kedepannya.

Referensi

Cut Devi Maulidasari, and Rusma Setiyana. "Sosialisasi Digital Marketing Pada Usaha Mikro Kecil Menengah(UMKM)." Jurnal Pengabdian Masyarakat: Darma Bakti Teuku Umar, 1, 2 (2020).

Margunani, Inaya Sari Melat, and Ahmad Sehabuddin. "Pelatihan Pencatatan Keuangan Sederhana UMKM Intip Di Desa Nyatnyono Ungaran Semarang." Jumal Panrita Abdi 4, no.2 (2020).

Rahmatul Jannatin N, M. Wahyu Wardhana, Rudi Haryanto, and Agus Pebriyanto. "PENERAPAN DIGITAL MARKETING SEBAGAI STRATEGI PEMASARAN UMKM." Jurnal Impact:

Implementation and Action, 2, 2 (2020)

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Azahra, A. N., Rifan Nur Rohmatulloh, & Shabrina Fatimah Amini. (2024). 40. Sosialisasi Penerapan Digital Marketing Sebagai Strategi Pemasaran UMKM INTIP. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(2), 446–454. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2163

Terbitan

Bagian

Articles