Penerapan Bimbingan Calistung dalam Meningkatkan Minat Baca pada Siswa SDN 02 Barutunggul Desa Alamendah

Penulis

  • Widianti Dewi
  • Muhammad Budiman UIN Sunan Gunung Djati
  • Razan Al-Farobby
  • Aludin

Kata Kunci:

Alamendah, Barutunggul, Pengabdian, KKN, Calitung, Literasi

Abstrak

Artikel ini membahas pelaksanaan program Kuliah Kerja Nyata (KKN) dengan fokus pada bimbingan belajar calistung di sekolah sebagai bagian dari upaya meningkatkan mutu pendidikan di tingkat dasar. Artikel ini membahas dampak positif yang dihasilkan oleh program ini serta beberapa tantangan yang dihadapi selama pelaksanaannya. Tujuan penelitian adalah untuk memberikan bantuan pendidikan kepada siswa-siswa SDN 02 Barutunggul dalam aspek membaca, menulis, dan berhitung. Melibatkan mahasiswa sebagai relawan, program ini berusaha meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa, terutama yang sudah ada dibangku kelas atas yang masih kesulitan dalam baca, tulis dan menghitung. Metode peneltian ini menggunakan metode deksriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui observasi secara langsung terhadap siswa di SDN 02 Barutunggul. Hasil dari pelaksanaan program KKN ini menunjukkan dampak positif yang signifikan. Siswa-siswa yang mengikuti bimbingan belajar calistung mengalami peningkatan kemampuan membaca dengan pemahaman yang lebih baik, kemampuan menulis yang lebih terampil, dan keterampilan berhitung yang lebih kuat. Program ini juga membantu dalam meningkatkan motivasi belajar siswa dan merangsang minat mereka dalam pembelajaran.

Referensi

Hadi, Ahmad Abdul, Anisa Sarifah, Tauri Maftuhah, Wiwin Dwi Putri, Pendidikan Guru, and Sekolah Dasar. “Rendahnya Minat Baca Anak Sekolah Dasar.” Renjana Pendidikan Dasar 3, no. 1 (2023).

Indonesia, Kamus Besar Bahasa. “Baca.” Accessed September 2, 2023. kbbi.web.id/baca.

Informasi, Kementrian Komunikasi dan. “TEKNOLOGI Masyarakat Indonesia: Malas Baca Tapi Cerewet Di Medsos.” Accessed September 2, 2023. https://www.kominfo.go.id/content/detail/10862/teknologi-masyarakat-indonesia-malas-baca-tapi-cerewet-di-medsos/0/sorotan_media.

“Kamus Besar Bahasa Indonesia.” Accessed September 2, 2023. kbbi.web.id/minat.

sekolah.mu. “Metode Efektif Belajar Calistung Berdasar Usia Anak,” n.d. https://www.sekolah.mu/blog/matematika/belajar-calistung-living-math#:~:text=Calistung adalah akronim dari baca,bisa mempelajari berbagai materi lanjutan.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung: Alfabeta, 2016).

Tarigan. In Dalman, Keterampilan Membaca. Jakarta: Raja Perindo Perada, 2013.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Dewi, W., Budiman, M., Al-Farobby, R., & Aludin. (2024). Penerapan Bimbingan Calistung dalam Meningkatkan Minat Baca pada Siswa SDN 02 Barutunggul Desa Alamendah. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(5), 362–371. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2070

Terbitan

Bagian

Articles