Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal Melalui Pendaftaran Google Maps UMKM Desa Rancapanggung

Penulis

  • Muhammad Akmal yanuar UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Poetri Salma Nuur Nakhwah UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Rafli Naufal Ramdhani UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG

Kata Kunci:

UMKM, Google Maps, Rancapanggung, KKN

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk membantu UMKM agar mampu bertahan dan maju bersaing ditengah kerasnya persaingan usaha. Dalam mewujudkan dan meningkatkan efisiensi juga efektifitas UMKM yang mandiri dan berkembang, diperlukan alat sebagai media pendukung yang nantinya dapat berguna sebagai alat untuk mempromosikan UMKM yang ada di Desa Rancapanggung. Pendaftaran ke Google Maps memungkinkan UMKM untuk lebih mudah ditemukan oleh calon pelanggan melalui pencarian online dan navigasi, meningkatkan visibilitas mereka dalam komunitas lokal. Dengan memanfaatkan potensi teknologi digital, UMKM dapat memperkuat keberlansungan usaha mereka dan berkontribusi lebih besar terhadap perekonomian lokal. Penelitian ini menggunakan data spasial berupa Koordinat lokasi, alamat dan data non spasial berupa data dan informasi pendukung berupa nama UMKM, Kategori, Jenis Produk, Alamat, Kontak atau nomor telefon, Pemilik atau penanggung jawab, dan foto UMKM.  

Referensi

Afandi, Agus, Nabiela Laily, Noor Wahyudi, Muchammad Helmi Umam, Ridwan Andi Kambau, Siti Aisyah Rahman, Muthmainnah Sudirman, et al. Metodologi Pengabdian Masyarakat. Edited by Suwendi Abd Basir and Jarot Wahyudi. 1st ed. Makassar: Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, 2022.

Klopper, S., & Peter, S. V. (2018). Business coaching processes that facilitate the succesfull implementation of Business Implementation Project. International Journal of Evidence Based Coaching and Mentoring,

Nugraha, A. A. (2021). Maksimalisasi Pemberdayaan Masyarakat. PROCEEDINGS Uin Sunan Gunung Djati Bandung.

Qomariyah, N. (t.thn.). Pemberdayaan Masyarakat Desa Melalui Pengembangan "Sot Skill Pembuatan Krupuk Sumiler" Dalam Upaya Peningkatan Pendapatan Keluarga Di Kabupaten Bondowoso. Jurnal Pengabdian Masyarakat Ipteks.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

yanuar, M. A. ., Nuur Nakhwah, P. S., & Ramdhani, R. N. (2024). Mendorong Pertumbuhan Ekonomi Lokal Melalui Pendaftaran Google Maps UMKM Desa Rancapanggung . PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(4), 268–275. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/2048

Terbitan

Bagian

Articles