Penggunaan Media Kertas Lipat Pada Materi Pecahan Kelas V di MI Darussyifa Al-Musri' 1

Penulis

  • Santika UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Muhibudin Wijaya Laksana
  • Shella Nurhasanah

Kata Kunci:

matematika, media pembelajaran, kertas lipat

Abstrak

Salah satu faktor kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan operasi hitung pecahan yaitu sulitnya mengkonkretkan materi, memahami konsep, serta penggunaan media yang kurang tepat. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui penggunaan media kertas lipat untuk membantu peserta didik dalam menyelesaikan soal-soal operasi pecahan. Penelitian ini menggunakan metode demonstrasi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas V MI Darussyifa Al-Musri’ 1 dengan jumlah 15 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu metode tes, wawancara, dan dokumentasi selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa antusiasme peserta didik cukup baik dalam mengikuti pembelajaran serta terdapat 11 peserta didik atau sekitar 73% yang mendapat nilai diatas Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dalam materi operasi pecahan. Hal tersebut menunjukkan bahwa dengan menggunakan media kertas lipat pada materi pecahan dapat efektif dalam membantu peserta didik memahami konsep pecahan serta meningkatkan kemampuan mereka dalam menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan operasi hitung pada pecahan. Oleh karena itu, disarankan agar para tenaga pendidik matematika di kelas V dan tingkat serupa mempertimbangkan penggunaan media kertas lipat sebagai salah satu pendekatan yang efektif dalam pengajaran materi pecahan. Penelitian lebih lanjut dapat dilakukan untuk mendalaminya dan mengidentifikasi potensi pengembangan media ini dalam konteks pendidikan matematika.

Referensi

Annisah, S. (2014). Alat Peraga Pembelajaran Matematika. Jurnal Tarbawiyah, 1-15.

Damayanti, P. A., & Qohar, A. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Powerpoint Pada Materi Kerucut. Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 119-124.

Desmita. (2009). Psikologi Perkembangan Siswa. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Magdalena, I., Fauzi, H. N., & Putri, R. (2020). Pentingnya Evaluasi dalam Pembelajaran dan Akibat Memanipulasinya. Jurnal Pendidikan dan Sains, 244-257.

Najiyyah, N., & Faizah, S. N. (2019). Media Kertas Lipat Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Pecahan Sederhana Pada Kelas IV di MI Murni Sunan Drajat Lamongan. Jurnal At-Thullab, 79-89.

Rusmawati. (2017). Penggunaan Alat Peraga Langsung Pada Pembelajaran Matematika Dengan Materi Pecahan Sederhana Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Ilmu Pendidikan Sosial, Sains, dan Humaniora, 307-314.

Sa'dijah, C. (1998). Pendidikan Matematika II. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. Direktorat Ketenagaan.

Setyowati, Nining, Bambang, E. S., & Masrukhan. (2016). Penggunaan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa Pada Materi Peluang. Jurnal Kreano, 24-30.

Sutawidjaja, A., & Dahlan, J. A. (2014). Pembelajaran Matematika. Jakarta: UT Press.

Swaratifani, Y., & Budiharti. (2021). Analisis Faktor Kesulitan Belajar Matematika Materi Operasi Hitung Pecahan Kelas V SD Mutiara Persada. Jurnal Riset Pendidikan dan Pembelajaran, 14-19.

Syaodih, M. S., & N. (2006). perkembangan Peserta Didik. Jakarta: Universitas Terbuka.

Titikusumawati, E. (2014). Modul Pembelajaran Matematika. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Zain, S. B., & A. (2014). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-04-25

Cara Mengutip

Santika, Muhibudin Wijaya Laksana, & Shella Nurhasanah. (2024). Penggunaan Media Kertas Lipat Pada Materi Pecahan Kelas V di MI Darussyifa Al-Musri’ 1. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(4), 217–225. Diambil dari http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1951

Terbitan

Bagian

Articles