Penyuluhan Program Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di MIS Muslimin Cimalik

Authors

  • Nabila Putri Nursaomi UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG
  • Siska Ayunita
  • Putri Eliana Sabila
  • Erlan Aditya

Keywords:

Lingkungan, Bersih, Sehat

Abstract

Perilaku hidup bersih dan sehat atau yang lebih di kenal dengan PHBS merupakan gaya hidup atau pola hidup yang mengutamakan kebersihan tubuh maupun lingkungan sekitar. Beberapa indikator penting dalam program tersebut diantaranya menjaga kebersihan kelas dan lingkungan sekolah, mencuci tangan yang bersih, stop jajan sembarangan, dan menjaga kebersihan kamar mandi. Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas hidup para siswa melalui kegiatan yang berlandaskan atas kesadaran diri sendiri. Selain menjaga kualitas hidup diri sendiri, kegiatan PHBS di sekolah madrasah ibtidaiyah swasta (MIS) Cimalik juga bertujuan untuk melindungi kesehatan orang terdekat serta melestarikan lingkungan sekitar. Program PHBS ini diterapkan di MIS Cimalik memiliki beberapa tahapan yaitu : 1) tahap analisis sosial; 2) tahap sosialisasi; dan 3) tahap implementasi kegiatan. adapun output dari program pola hidup bersih dan sehat (PHBS) diharapkan setelah beberapa materi dan kegiatan yang disampaikan, seluruh siswa MIS Cimalik memiliki kesadaran secara dini untuk dapat menjaga lingkungan dan dirinya sendiri agar terjaga. Sebagai bentuk apresiasi dalam menyukseskan program PHBS tersebut, tempat sampah diberikan untuk memisahkan sampah organik dan non organik. Hal tersebut diharapkan dapat menjadi motivasi untuk MIS Cimalik agar tetap menerapkan kebersihan di lingkungan sekolah.

References

, Puskesmas Playen. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Di Sekolah . Agustus 5, 2022. https://playen2.puskesmas.gunungkidulkab.go.id/perilaku-hidup-bersih-dan-sehat-phbs-di-sekolah/ (accessed September 5, 2023).

Hospitals, Tim Medis Siloam. "Mengenal Pentingnya Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS)." Siloam Hospitals, Maret 29, 2023.

Kemenkes. Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI. Jakarta: Kementrian Kesehatan Republik Indonesia, 2015.

Makanan), BPOM (Badan Pengawas Obat dan. Sistem Keamanan Pangan Terpadu Jajanan Anak Sekolah . http://bpom.go.id, 2009.

Oktavia, Sativa. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Yogyakarta: Poltekkesjogja, 2020.

Pratiwi, Prita Eka. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Pada Tatanan Rumah Tangga Masyarakat Using. Jember: Universitras Jember, 2015.

Sutardji, M. Azinar. "Tingkat Konsumsi Energi dan Konsumsi Protein Hubungannya dengan Status Gizi Anak Asuh Usia 10-18 Tahun." Jurnal Kemas No 2 Vol 2, 2007: 168-173.

WHO. Cleans Hands Protect Againts Onfections. WHO, 2023.

Downloads

Published

2024-04-25

How to Cite

Putri Nursaomi, N., Siska Ayunita, Putri Eliana Sabila, & Erlan Aditya. (2024). Penyuluhan Program Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat Di MIS Muslimin Cimalik. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 4(4), 208–216. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1925

Issue

Section

Articles