Peningkatan Mutu Pendidikan di Era Pandemi Covid-19 Di Rw 05 Kelurahan Pasir Biru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung

Authors

  • Desy Miranti UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Dinar Nur Aulia UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Mia Siti Khumaeroh UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Peningkatan mutu pendidikan, bimbingan belajar, kelurahan pasir biru

Abstract

Pandemi Covid 19 merupakan suatu fenomena yang terjadi secara global yang mana semenjak keberadaannya mengakibatkan muncul nya banyak masalah-masalah baru yang dihadapi baik oleh pemerintah maupun juga masyarakat. Salah satu dampak dari adanya pandemi covid-19 ini melalui Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan dikeluarkannya surat edaran nomor 36962/MPK.A./HK 2020 mengenai pembelajaran secara daring. Hal ini tentunya menjadi salah satu masalah yang dirasakan bagi para siswa di kawasan RW 05 Kelurahan Pasir Biru yang mana kebanyakan dari siswa ini tidak mampu memahami dengan baik mengenai apa yang disampaikan oleh guru yang mengakibatkan banyaknya hambatan saat mengerjakan tugas. Dengan adanya permasalahan yang dihadapi tersebut maka tim mahasiswa KKN DR SISDAMAS 2021 memanfaatkan kesempatan tersebut untuk memberikan bantuan sebagai pengajar ke wilayah RW 05 Kelurahan Pasir Biru Kecamatan Cibiru Kota Bandung. Tujuan dari program kerja ini adalah untuk mengoptimalisasikan belajar anak  karena kurang efektifnya pembelajaran secara online/daring. Manfaat dari program kerja ini tentu saja selain memberi motivasi dan semangat dalam belajar juga bisa membantu anak anak untuk lebih mudah dan mengerti dalam  menangkap dan memproses materi dari gurunya meskipun dari jarak jauh/pembelajaran daring. Pendampingan belajar ini dilakukan di Masjid/TPA. Dalam melaksanakan program kerja ini kami menggunakan metode pelaksanaannya secara kuantitaif yakni (1) Survey Lapangan, (2) Koordinasi dengan Masyarakat, (3) Sosialisasi Program. Sedangkan dalam bimbingan belajar ada 4 tahapan yaitu : (1) pemberian motivasi, (2) pemberian dan pemahaman materi, (3) kuis, dan (4) pemberian reward

References

The Covid-19 pandemic is a phenomenon that occurs globally which since its existence has resulted in the emergence of many new problems faced by both the government and the community. One of the impacts of the COVID-19 pandemic is through the Ministry of Education and Culture (Kemendikbud) with the issuance of circular letter number 36962/MPK.A./HK 2020 regarding online learning. This is certainly one of the problems felt for students in the RW 05 area of Pasir Biru Village where most of these students are not able to understand well what the teacher is saying which results in many obstacles when doing assignments. With these problems, the DR SISDAMAS 2021 KKN student team took advantage of this opportunity to provide assistance as teachers to the RW 05 area, Pasir Biru Village, Cibiru District, Bandung City. The purpose of this work program is to optimize children's learning due to the ineffectiveness of online learning. The benefits of this work program, of course, in addition to providing motivation and enthusiasm in learning, can also help children to more easily and understand in capturing and processing material from the teacher even from distance/online learning. This learning assistance is carried out at the mosque/TPA. In carrying out this work program, we use quantitative implementation methods, namely (1) Field Surveys, (2) Coordination with the Community, (3) Program Socialization. While in tutoring there are 4 stages, namely: (1) giving motivation, (2) giving and understanding the material, (3) quizzes, and (4) giving rewards

Downloads

Published

2021-12-07

How to Cite

Miranti, D., Nur Aulia, D., & Siti Khumaeroh, M. (2021). Peningkatan Mutu Pendidikan di Era Pandemi Covid-19 Di Rw 05 Kelurahan Pasir Biru, Kecamatan Cibiru, Kota Bandung. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(88), 12–19. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1443

Issue

Section

Articles