Implementasi Nilai-Nilai Pemberdayaan Masyarakat di Desa Sukamanis Pada Bidang Pendidikan Dan Sosial

Authors

  • Naila Turobihah UIN Sunan Gunung Djati Bandung
  • Agung Purnama UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Keywords:

Pengabdian, pendidikan, sosial

Abstract

Proses pengembangan kesejahteraan di masyarakat sangat diperlukan guna tercapainya kehidupan yang lebih baik. Apalagi di masa pandemi, di beberapa daerah mengalami kemerosotan kesejahteraan pada masyarakatnya. Pada Kuliah Kerja Nyata, sistem pemberdayaan masyarakat saya gunakan di salah satu desa di Kabupaten Sukabumi yaitu Desa Sukamanis. Dalam beberapa pekan saya menerapkan pemberdayaan masyarakat ini pada beberapa program. Yaitu, program ruang ilmu dan penyuluhan pranikah. Program-program tersebut dilaksanakan atas faktor-faktor yang telah saya analisis sebelumnya melalui observasi di Desa tersebut. Bahwasanya di desa tersebut masih banyak peserta didik yang mengalami keterbelakangan pada pendidikannya, ada juga kasus-kasus perceraian pada masa awal pernikahan. Maka dengan adanya program tersebut, dimaksudkan untuk ikut berpartisipasi dalam memajukan kesejahteraan masyarakat khususnya di desa Sukamanis.

References

The process of developing welfare in the community is very necessary in order to achieve a better life. Especially during the pandemic, in some areas there is a decline in the welfare of the people. In the Real Work Lecture, I used a community empowerment system in one of the villages in Sukabumi Regency, Sukamanis Village. Within a few weeks I implemented this community empowerment in several programs. Namely, the science room program and premarital counseling. These programs are implemented on the factors that I have previously analyzed through observations in the village. That in the village there are still many students who experience backwardness in education, there are also cases of divorce in the early days of marriage. So with this program, it is intended to participate in advancing the welfare of the community, especially in Sukamanis village.

Downloads

Published

2021-12-08

How to Cite

Turobihah, N., & Purnama, A. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pemberdayaan Masyarakat di Desa Sukamanis Pada Bidang Pendidikan Dan Sosial. PROCEEDINGS UIN SUNAN GUNUNG DJATI BANDUNG, 1(80), 46–58. Retrieved from http://proceedings.uinsgd.ac.id/index.php/proceedings/article/view/1421

Issue

Section

Articles